get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Harga Cabai Merah di Karawang Naik Rp100 Ribu per Kilogram Gegara Kurang Pasokan

Senin, 13 Juni 2022 | 17:30 WIB
header img
Kabid Perdagangan pada Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Karawang, Gery S. Samrodi. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNews.id - Dalam waktu kurang dari seminggu, harga cabai merah di Karawang melonjak tajam. Dari awalnya Rp85 ribu per kilogram menjadi Rp100 ribu per kilogram, Senin (13/6).

Harga cabai rawit merah pada Kamis (9/6) menginjak Rp85.467 per kilogram. Pada Senin (13/6) hari ini, harga melonjak sampai menyentuh Rp100 ribu per kilogram.

Kabid Perdagangan pada Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Karawang, Gery S. Samrodi mengatakan penyebab naiknya harga cabai rawit disebabkan oleh menurunnya pasokan dari petani.

"Tadi, kami berkoordinasi dengan bidang pangan dari Dinas Pertanian dan ketahanan pangan (DPKP) Karawang, melonjaknya harga cabai, khususnya cabai rawit merah yang kini mencapai seratus ribu rupiah per kilogramnya itu dikarenakan menurunnya pasokan dari petani, " ungkapnya, Senin,(13/6/2022).

Untuk persediaan dan kebutuhannya sendiri, persediaan cabai rawit merah hanya 0,309 ton per hari sedangkan kebutuhan per harinya mencapai 4,37 ton. 

"Sampai saat ini, kami masih komunikasikan dengan DPKP untuk menemukan penyebab berkurangnya distribusi dari petani, apakah karena mahal dari bibit, pupuk, atau ada kendala lainnya, jadi untuk sampai saat ini kami belum mengetahui penyebab jelasnya," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, dalam upaya menangani kenaikan harga bahan pokok tersebut, pihaknya akan tetap mengawasi dan mengkoordinasikan setiap pihak terkait, guna memastikan tidak ada penimbunan. 

"Kami akan selalu mengawasi setiap pihak terkait akan kenaikan harga cabai rawit merah ini, guna memastikan tidak ada pelaku usaha yang melakukan penimbunan dan jika kenaikan harga ini berkepanjangan serta dibutuhkannya operasi pasar murah, kami akan lakukan," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut