5 Alasan Asam Lambung Kambuh Dimalam Hari, Wajib Diketahui

Tim Okezone
.
Kamis, 26 Mei 2022 | 13:48 WIB
Penyebab asam lambung naik sering kambuh. (Foto: Timesofindia)

Saat ini sebagian orang seringkali mengalami masalah kesehatan, yakni asam lambung naik. Asam lambung dapat terjadi pada malam hari, tentunya hal ini tidak membuat nyaman.

Lantas, penyebab asam lambung kambuh di malam hari disebabkan karena apa ya? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita simak penjelasan mengenai asam lambung.

Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika seseorang mengalami masalah saluran pencernaan karena produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang kembali naik, bahkan sampai ke kerongkongan dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Orang dengan penyakit asam lambung akan mengeluhkan nyeri ulu hati, rasa mual, dan begah. Anda pun bisa merasa lemas akibat kondisi itu.

Berikut ini beberapa penyebab asam lambung kambuh di malam hari yang dikutip dari Klikdokter.

1. Kombinasi antara makan besar dan rebahan

Penyebab GERD kambuh di malam hari bisa saja dari konsumsi makanan. Pada sebagian orang, malam hari merupakan waktu untuk makan besar. Saat makan malam juga, biasanya akan disajikan biasanya lebih banyak dan beragam makanan. Anda pun terdorong untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

Setelah makan, Anda akan cenderung mengantuk, bahkan bisa langsung tertidur. Makanan tersebut akan memicu asam lambung untuk keluar dan naik akibat posisi tiduran.

2. Kehamilan

Penelitian pada tahun 2015 mencatat bahwa sekitar 17-45 persen wanita mengalami gejala mulas karena asam lambung naik selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk tekanan tambahan pada daerah perut.

Selain itu, pada wanita hamil, asam lambung kambuh di malam hari juga bisa disebabkan oleh tekanan pada tubuh, penambahan berat badan, dan perubahan hormon maupun stres.

3. Konsumsi obat

Beberapa obat dapat menyebabkan nyeri lambung, contohnya obat antinyeri yang termasuk golongan NSAID. Obat-obatan ini dapat menghambat enzim yang berperan dalam melindungi lapisan lambung.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin asam lambung kambuh di malam hari, hindari minum obat golongan NSAID atau obat-obatan lain yang dapat menjadi pemicu, sebelum makan atau sebelum tidur.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini