get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Yuk Cegah Gula Darah dengan Kalori Nasi Putih

Senin, 23 Mei 2022 | 20:38 WIB
header img
Kalori Nasi Putih 1 Centong (Foto: Livestrong)

Artikel ini akan membahas mengenai kalori nasi putih bagi pencegahan gula darah. Informasi yang didapatkan dari database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat, terdapat 242 kalori didalam semangkuk nasi dan terdapat 53 gram karbohidrat dan serat didalam satu centong nasi.

"Sebagian besar karbohidrat pada nasi putih itu dalam bentuk pati dan sebagian lainnya adalah gula," terang laporan Live Strong, dikutip MNC Portal, Jumat (20/5/2022).

Jika Anda adalah orang yang mengatur asupan kalori harian, konsumsi nasi putih harus sangat dibatasi. Sebab, 1 centong nasi itu sebagian besar akan menjadi pati.

Nasi putih itu memiliki indeks glikemik 73 yang artinya akan meningkatkan gula darah Anda secara signifikan. Beda dengan beras merah yang indeks glikemiknya lebih kecil yaitu 68. 

"Nasi putih kandungan lemaknya hampir nol. Artinya, jika Anda mengonsumsi nasi putih tanpa mentega maka Anda hampir tidak mendapatkan lemak sama sekali," tegas laporan kesehatan tersebut. 

Satu centong nasi putih mengandung lebih dari 4 gram protein yang menjadikannya sumber protein terbaik, meskipun apa yang Anda dapatkan dari 1 cangkir protein nasi masih lebih rendah daripada yang Anda dapatkan dari makanan kaya protein lainnya. 

Lebih lanjut, nasi putih juga dipercaya mengandung zat besi, sedikit serat, dan vitamin B seperti riboflavin, niasin, dan thiamin. Tak hanya itu, beras juga kaya akan mineral dan vitamin.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut