get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Jangan Panik, Ini Langkah Penanggulangan Wabah PMK

Kamis, 19 Mei 2022 | 19:08 WIB
header img
Talkshow di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Sturada 89,4 FM Karawang. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNews.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang melalui Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Sturada 89,4 FM Karawang, menyampaikan langkah preventif penanggulangan Penyakit Mulut Kuku (PMK) di Kabupaten Karawang, Rabu (18/5/2022).

Talkshow tersebut turut dihadiri oleh Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Karawang Handoko yang didampingi oleh UPTD Puskeswan Kabupaten Karawang Intan Purnamasari dan UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Nur Fitri Utami. 

Dalam Talkshow tersebut, Handoko mengatakan bahwa wabah PMK berawal dari lima Kabupaten di provinsi Jawa Timur lalu menyebar ke berbagai provinsi. 

"Untuk saat ini, yang sudah menyatakan status wabah itu sudah dua provinsi, Jawa Timur dan Nanggroe Aceh Darussalam, tetapi ada juga 12 provinsi yang sudah tertular namun belum menyatakan ztatus wabah. Untuk di Jawa Barat itu di Kabupaten dan kota Tasik, Sumedang, Banjar, Garut dan Kuningan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ia menjelaskan gejala wabah PMK yang nampak secara visual pada hewan ternak jika hewan tersebut terjangkit. 

"Jadi disebut PMK itu karena ada pelepuhan di mulut atau di moncong, gusi, lidah, putting, juga ada pembekakan pada bagian kelenjar. Kemudian secara visual itu ternak terlihat tidak nafsu makan, cairan ludah berlebihan, yang lebih parah itu bisa menyebabkan pincang, setelah pincang nantinya ambruk, setelah ambruk tidak makan lagi akhirnya berujung kematian," jelasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut