get app
inews
Aa Read Next : DPR Desak Pemerintah agar Akses Stasiun Kereta Cepat di Karawang Segera Dibangun!

Ikuti Tips Berikut Ini saat Perjalanan Mudik Agar Terhindar dari Dehidrasi

Selasa, 26 April 2022 | 21:05 WIB
header img
eMSHOP (Foto: eMSHOP)

Pemerintah memberlakukan mengenai libur cuti bersama dan memperbolehkan mudik lebaran 2022 dengan syarat dan ketentuan sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Perjalanan mudik yang lumayan memakan waktu lama dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, seperti pusing, mata cekung, mudah lelah, lemas, hingga penurunan kesadaran. sehingga tubuh tidak dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya dengan optimal. 

"Ini yang menjadi perhatian jadi kita tidak sama sekali junawa, kendati lebih dari 60 persen populasi masyarakat sekarang sudah divaksin lengkap, tetapi risiko penularan masih terjadi," kata Ketua Bidang Komunikasi Satgas Covid-19 Hery Triyanto. Berikut hal-hal yang harus di siapkan saat mudik dan terhindar dari dehidrasi 

1. Bawa bekal sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi 

Sayuran dengan kandungan air tinggi dapat ditemukan pada timun, seledri, tomat, lobak, kol, bayam, brokoli, dan bayam. Sayuran tersebut mengandung asupan cairan yang membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan saat mengemudi di perjalanan mudik. 

Sedangkan buah-buahan yang banyak mengandung asupan air dan potasium adalah apel, jeruk, pir, atau buah beri. Kandungan potasium mampu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh lebih lama. Untuk itu, buah-buahan ini bisa Anda jadikan sebagai camilan sepanjang perjalanan mudik. 

2. Hindari kafein, cukupi kebutuhan air putih 

Hindari kafein saat mengemudi selama mudik, sebab kafein bersifat diuretik atau menarik cairan tubuh. 

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut