get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Redakan Sakit Tenggorokan dan Batuk, Berikut 5 Manfaat Biji Asam Jawa

Senin, 11 April 2022 | 16:59 WIB
header img
Asam jawa (Foto: Timesofindia)

Biji asam jawa memiliki manfaat yang sangat banyak dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terdapat didalam biji asam jawa seperti fosfor, magnesium, kalium, kalsium, asam amino, dan vitamin. Sehingga memiliki berbagai khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat apa saja sih yang terdapat di biji asam jawa? Mari kita simak. Berikut 5 manfaat biji asam jawa seperti dilansir dari Stylecraze, Sabtu (9/4/2022):

1. Redakan Nyeri Sendi

Sifat anti-inflamasi biji asam jawa dapat meredakan nyeri sendi, terutama pada orang yang menderita radang sendi. Konsumsi satu sampai dua sendok teh bubuk biji asam jawa dua kali sehari dengan air untuk meningkatkan pelumasan sendi yang meredakan rasa sakit.

2. Menghilangkan Plak Gigi

Manfaat lain dari biji asam jawa dapat membantu untuk memperkuat gigi dan menghilangkan plak. Tak heran, manfaat ini bisa dirasakan bagi orang yang perokok berat yang menyebabkan oleh kurangnya kebersihan gigi dan mulut.

Tak hanya itu, biji asam jawa dapat membersihkan nikotin yang menempel pada gigi Anda. Konsumsi biji asam jawa yang digoreng atau dipanggang, tumbuk sampai halus dan gosok gigi dengan sikat gigi.

3. Redakan Gangguan Pencernaan

Biji asam jawa adalah obat alami untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan meningkatkan produksi empedu. Serat makanannya yang kaya juga berguna untuk mengobati stomatitis dan meredakan sembelit.

4. Atasi Batuk, Amandel dan Infeksi Tenggorokan

Jus biji asam jawa bisa menjadi obat kumur yang baik. Berkumurlah dengan ini untuk meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat mencampurnya dengan beberapa jahe dan kayu manis untuk mengobati amandel, faringitis, pilek, batuk, dan infeksi tenggorokan lainnya.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Ekstrak biji asam jawa bermanfaat untuk perawatan kulit. Biji asam jawa dapat meningkatkan elastisitas kulit, memberikan hidrasi dan kehalusan.

Ini karena biji asam jawa mengandung asam hialuronat yang membantu dalam pelembab kulit dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

Biji asam jawa larut dalam air, oleh karena itu digunakan untuk serum, gel, toner wajah, pelembab dan masker. Ini juga bertindak sebagai formula anti-penuaan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut