get app
inews
Aa Read Next : Waduh Ternyata 5 Kesalahan Pola Tidur ini Sebabkan Jerawat Lho, Simak Penjelasannya

Cara Merawat Pori-pori Besar Supaya Terhindar dari Kotoran

Selasa, 05 April 2022 | 10:46 WIB
header img
Pori-pori besar mudah dimasuki kotoran (Foto: Chennai)

Memiliki pori-pori kulit wajah yang besar akan lebih rentan dimasuki kotoran seperti debu. Maka dari itu, sebaikanya anda harus merawat kulit wajah agar tetap bersih dan terhindar dari masalah jerawat.

Saat ini banyak sekali produk-produk kecantikan yang menawarkan berbagai macam perawatan kulit, salah satu klaimnya yaitu dapat membantu memperkecil pori wajah, sehingga kotoran tidak mudah masuk dan menumpuk didalamnya.

Namun sayangnya sebagian orang malah mengabaikan hal ini, padahal merawat agar pori-pori agar tidak melebar adalah hal yang cukup penting.

Lalu bagaimana caranya? Dikutip dari laman Times India, berikut ini cara menutup pori-pori kulit besar secara alami.

1. Rajin Cuci Muka
Jika Anda tahu bahwa pori-pori besar terjadi di wajah, maka jangan sampai melewatkan membersihkan diri setiap hari. Cucilah muka Anda dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Gunakan dua kali dalam sehari, agar kulit tetap lembab dan bersih.

Mencuci muka Anda dengan facial foam, tak hanya akan membersihkan wajah Anda. Namun ini juga sekaligus menghidrasi kulit Anda, supaya tidak muda kering dan tetap segar tentunya.
 
2. Eksfoliasi
Selanjutnya adalah eksfoliasi atau menggosoknya dengan menggunakan scrub. Sehingga kotoran yang menyumbat di pori-pori Anda yang besar akan terangkat, dan kebersihan kulit tetap terjaga.

Eksfoliasi bisa dilakukan sebelum mencuci wajah Anda dengan facial foam. Caranya, olesi wajah hingga leher dengan scrub, kemudian diamkan selama 3-5 menit. Setelah itu gosok perlahan secara lembut. Lalu bilas dengan air dan dilanjutkan mencuci muka.
 
3. Jangan Sering Memegang Wajah
Kemudian jangan terlalu sering memegang wajah dengan tangan Anda. Apalagi jika tangan yang menyentuh sedang kotor, ini akan membuat pori-pori wajah Anda yang lebar mempermudah kotoran masuk ke dalam.

Apabila hal tersebut terjadi, maka berbagai masalah kulit wajah akan menghampiri. Misalnya banyak komedo, jerawat, kulit kasar hingga warna kulit menjadi kusam.

4. Gunakan Primer dan Sunscreen
Primer dan sunscreen berfungsi untuk menutupi pori-pori besar Anda. Terlebih, jika akan memoleskan makeup ke wajah, ini akan membuat kulit Anda terjaga, dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Primer dan sunscreen juga jadi bagian penting dari base make up Anda. Bahkan saat malam hari, dianjurkan untuk tetap memakai sunscreen, lho. Guna mencegah flek hitam yang akan muncul.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut