get app
inews
Aa Read Next : Waduh Ternyata 5 Kesalahan Pola Tidur ini Sebabkan Jerawat Lho, Simak Penjelasannya

Waduh! Merawat Kulit yang Salah Bikin Jerawat Makin Parah Lho! Simak Berikut Ini

Rabu, 30 Maret 2022 | 10:36 WIB
header img
Salah merawat kulit bikin jerawat makin parah (Foto: Timesofindia)

Timbulnya jerawat pada kulit bisa disebabkan karena peradangan kelenjar sebaceous yang menimbulkan jerawat merah yang berisi nanah. Jerawat ini biasanya terasa sakit dan sangat mengganggu penampilan.

Tersedia berbagai solusi untuk merawat kulit yang berjerawat, hal ini bisa didapatkan dari dokter kulit hingga pengklaim pengobatan rumahan. Merawat kulit berjerawat tidak bisa sembarangan lho. Terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari untuk merawat kondisi kulit berjerawat secara efektif.

Melansir laman Times Now News pada Selasa (29/3/2022), berikut adalah 5 kesalahan yang umum dilakukan saat merawat kulit berjerawat yang justru dapat memperburuk kondisinya.

1. Memencet Jerawat
Seringkali seseorang tergoda untuk memencet jerawat. Kebiasaan ini dapat menempatkan kulit pada risiko kerusakan, menyebabkan peradangan, dan memperburuk jerawat. Selanjutnya, jerawat yang dipencet dapat meninggalkan bekas pada kulit dan menjadi sumber bekas luka dan bintik-bintik kulit yang membandel.

2. Melewatkan Tabir Surya
Tabir surya sangat penting, baik itu musim panas atau musim dingin. Namun, orang-orang dengan jerawat sering menghindari tabir surya karena mereka merasa bahwa melapisi wajah dengan tabir surya dapat memperburuk jerawat mereka.
Namun, bertentangan dengan kepercayaan, tidak mengoleskan tabir surya dapat membuat kulit Anda berisiko mengalami kerusakan akibat sinar matahari dan bahkan kanker.

3. Pengelupasan yang Agresif
Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan kotoran dari kulit. Namun, produk dan teknik pengelupasan kulit yang dipilih seseorang dapat sangat memengaruhi jerawat mereka. Pengelupasan secara agresif dengan eksfoliator abrasif dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit dan memperburuk jerawat.

4. Kurang Perawatan Kulit yang Konsisten
Kulit yang sehat tidak dapat dicapai dalam semalam. Saat menderita jerawat, dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menyembuhkan area yang meradang pada kulit. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang konsisten dan sesuai untuk memfasilitasi pengobatan jerawat yang efektif.

5. Mengabaikan Seprai, Layar Ponsel
Barang sehari-hari yang bersentuhan dengan kulit Anda dapat memengaruhinya secara signifikan. Layar ponsel, seprai, sarung bantal, dll. dapat menjadi kotor seiring waktu karena akumulasi kotoran di permukaannya.
Jika mereka bersentuhan dengan kulit, risiko jerawat bisa meningkat dan bahkan memburuk. Oleh karena itu, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa mereka bersih dan layak untuk kontak kulit Anda.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut