get app
inews
Aa Read Next : Siapa Maslani? Yuk Kenal Lebih Dekat Sosok Pendamping Petahana Aep di Pilkada Karawang

Dengan Ceria, Pasangan Bakal Calon Aep-Maslani Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Jakarta

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 14:43 WIB
header img
Dengan Ceria, Pasangan Bakal Calon Aep-Maslani Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Jakarta (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, Aep Syaepuloh-Maslani nampak kompak memakai pakaian putih-hitam saat melakoni pemeriksaan kesehatan paslon di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Sabtu (31/8) pagi. 

Wajah ceria dan santai nampak pada Aep dan Maslani saat melakuan pemeriksaan kesehatan. Aep menuturkan, di sela kesibukannya, ia dan Maslani tetap menyempatkan istirahat yang cukup satu hari jelang melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Alhamdulillah berjalan lancar. Pengisian MPPI sudah dilaksanakan. Bismillah intinya ini kita konsen dan istirahat yang cukup," kata Aep.

Sebagai informasi, dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2024 saat ini tengah menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (31/8).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Mari Fitriani menyampaikan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari tahapan wajib yang harus dilalui oleh setiap calon sebelum dinyatakan sah sebagai peserta Pilkada.

Mari juga menjelaskan bahwa sejak pagi tadi, kedua pasangan calon tersebut sudah memulai proses pemeriksaan kesehatan. 

"Dari tadi pagi jam 7, pasangan calon, dua pasangan itu sudah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan," ungkap Mari Fitriani.

Hingga siang ini, proses pemeriksaan kesehatan masih berlangsung. Menurutnya, pemeriksaan ini diperkirakan akan selesai pada sore hari. 

"Sampai siang ini pun mereka masih menjalani medical check-up (MCU), dan diperkirakan akan selesai sore hari," tambah Mari Fitriani.

Pemeriksaan kesehatan ini mencakup berbagai aspek, baik fisik maupun psikis. 

"Diperiksa keseluruhan, secara fisik jasmani, dari atas sampai bawah, luar dan dalam, kemudian juga tes rohani, serta pemeriksaan narkoba," jelasnya. 

Sebagai bagian dari tes kesehatan, para calon telah menjalani tes urin pada pagi hari. 

"Tadi pagi sudah tes urin," ujarnya.

Lebih lanjut, Mari Fitriani menyampaikan bahwa hasil dari pemeriksaan kesehatan ini kemungkinan akan keluar pada malam nanti. 

“Tadi ada informasi, malam nanti akan ada hasilnya dari pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto,” ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan bagi para calon bupati dan wakil bupati Karawang ini sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 31 Agustus hingga 1 September. Namun, pemeriksaan yang direncanakan dilakukan bersamaan dengan pasangan calon daerah lain, terdapat perubahan jadwal. 

Mari menjelaskan bahwa ada beberapa kabupaten/kota yang hanya memiliki satu pasangan calon, sehingga waktu pemeriksaan diperpanjang dan tidak bisa dilakukan serentak.

"Tadinya dijadwalkan 31 Agustus hingga 1 September itu karena barengan sama kabupaten/kota lain, ada 80 peserta dari 40 daerah," ungkap Mari.

"Cuma ternyata ada beberapa kabupaten/kota yang paslonnya cuma satu, jadi ada perpanjangan waktu, dan belum bisa bareng menjalani pemeriksaan," jelasnya.

Hari ini, lanjut Mari, ada sekitar 50 orang atau sekitar 25 pasangan calon dari berbagai daerah sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. 

"Kemudian, ternyata yang hari ini pemeriksaan ada sekitar 50 orang atau sekitar 25 calon," tambah Mari Fitriani.

Meski demikian, Mari Fitriani memastikan bahwa proses pemeriksaan kesehatan bagi kedua pasangan calon dari Karawang berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. 

"Karawang, insya Allah aman dan lancar," tutupnya.

Pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu tahap krusial dalam memastikan kesiapan para calon untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin daerah. 

Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menjadi acuan bagi KPU dalam menetapkan pasangan calon yang layak untuk maju dalam Pilkada Karawang 2024.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut