get app
inews
Aa Read Next : Hasil Final Euro 2024 :Timnas Spanyol Raih Gelar Juara Euro 2024, usai Hajar Inggris 2-1

Siapa Juara Euro 2024 ? Adu Perbandingan Superkomputer Opta dengan Versi AI

Sabtu, 22 Juni 2024 | 22:05 WIB
header img
Prediksi juara Euro 2024 menurut superkomputer dan AI menarik untuk diulas (Foto: UEFA)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Siapa juara Euro 2024 ? Hal ini setidaknya bisa diprediksi dengan Superkomputer Opta atau dengan versi Artificial Intelligence (AI).

Namun adu perbandingan prediksi superkomputer Opta dengan versi AI tentang juara Euro 2024 menarik untuk diulas. Sebab, prediksi-prediksi semacam ini selalu dinanti

Pasalnya ajang sepakbola antar negara-negara di Eropa, Euro 2024 tengah menjadi sorotan. Sebab, 24 tim terbaik di Benua Biru akan saling beradu untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Di tengah berjalannya turnamen ini, beberapa pihak pun memberikan prediksinya. Namun bagi para ilmuwan, mereka tidak memprediksi secara kasat mata berdasarkan firasat saja. Akan tetapi, para ilmuwan menggunakan bantuan teknologi super canggih.

Salah satunya adalah dengan bantuan superkomputer Opta. Sebagai informasi, teknologi itu sudah sangat terkenal dengan keakuratannya dalam memprediksi juara di beberapa ajang sebelumnya dengan sangat akurat.

Analisis media ini didasarkan pada data masing-masing negara peserta Euro 2024 dengan melakukan hingga 100 kali simulasi. Data yang dipakai di antaranya adalah performa sebelum turnamen, performa setiap pemainnya, hingga riwayat pertandingan antar peserta.

Dengan analisis yang dilakukan, superkomputer Opta memprediksi jika Timnas Inggris yang akan keluar sebagai juara Euro 2024. Hasil analisis mereka menunjukan jika Inggris memiliki peluang hingga 48,2% untuk ke semifinal, 31,1% sampai final, dan 19,9% akan menjadi juara.

Di bawahnya, ada Timnas Prancis yang diprediksi 48,1% akan lolos ke semifinal, 30,4% mencapai final, dan 19,1% akan menjadi kampiun di Euro 2024. Semntara negara lain memili persentase yang jauh leih kecil seperti Timnas Jerman dengan 12,4%, Timnas Spanyol dengan 9,8%, dan Timnas Portugal dengan 9,2%.

Selain superkomputer Opta, ilmuwan lain juga menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memprediksi juara Euro 2024. Perusahaan software asal Belgia, Luzmo, menggunakan program AI Octopus dan platform cloud milik mereka untuk melakukan simulasi pertandingan hingga jutaan kali.

Dari simulasi yang dilakukan dengan teknologi AI ini, dihasilkan Timnas Prancis akan memenangkan Euro 2024 setiap 100 simulasi. Dengan kata lain, Les Blues memiliki peluang sebesar 22% untuk menjadi juara pada edisi kali ini.

Hasil serupa juga ditampilkan oleh program AI Gemini di mana Timnas Prancis yang akan keluar sebagai juara. Sedangkan pada program AI Chat GPT Plus, hasilnya adalah tuan rumah, Timnas Jerman yang akan menjadi kampiun.

Itu tadi adu perbandingan prediksi superkomputer Opta dengan versi AI tentang juara Euro 2024. Menarik untuk dinanti prediksi siapa yang jitu.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut