get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sengketa Ibu dan Anak Kandung di Karawang Sampai ke Meja Hijau

Selasa, 11 Juni 2024 | 14:59 WIB
header img
Foto : Pengadilan Negeri Karawang/Sindonews

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sengketa ibu dan anak kandung terkait harta warisan berakhir di Pengadilan Negeri (PN) Karawang. Terdakwa Kusumayati sebagai ibu duduk dikursi pesakitan setelah dilaporkan anaknya dalam perkara pemalsuan surat pasal  263 ayat 1 dan 2 KUHP, Selasa, (11/6/24).

Dalam sidang perdana dengan pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Karawang, Karina Tri Agustina menyebut sekitar Februari 2013 atau setidaknya pada waktu lain dalam tahun 2013 bertempat dikantor Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, terdakwa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dipergunakan dengan maksud akan menggunakan atau menyuruh orang lain menggunakan surat itu seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan sehingga mendatangkan suatu kerugian dari perbuatan tersebut.

Karina menjelaskan, awalnya terdakwa Kusumayati menikah dengan Sugianto dan dikaruniai 4 orang anak yaitu Hendi Utomo (Alm) Dandy Sugianto, Stephanie Sugianto dan Ferline Sugianto. Kemudian Sugianto meninggal dunia pada 6 Desember tahun 2012. Meninggalnya Sugianto kemudian meninggalkan warisan untuk 4 orang ahli waris yaitu istrinya terdakwa Kusmayati dan 3 orang anaknya, Dandy Sugianto, Stephanie Sugianto dan Ferline Sugianto. 

Setelah Sugianto meninggal kemudian terdakwa Kusumayati membuat surat keterangan waris (SKW) dikelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Dalam surat SKW tersebut tandatangan salah seorang anaknya yaitu Stephanie Sugianto dipalsukan oleh terdakwa dengan cara ditandatangani sendiri oleh terdakwa tanpa persetujuan anaknya. Kemudian keterangan waris yang dipalsukan tandatangannya itu digunakan untuk membuat notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Ekspedisi Muatan Kapal Laut Bimajaya Mustika.

Dalam isi RUPS itu diantaranya menjelaskan para ahli waris sepakat dan setuju untuk memberikan seluruh saham-saham perusahaan sejumlah 40 saham kepada Dandy Sugianto. Sidang akan dilanjutkan Senin 24 Juni 2024.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut