get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Unsika Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Cek Kuota dan Syaratnya di Sini

Rabu, 16 Februari 2022 | 08:19 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: iNews Jabar/ist).

KARAWANG, iNews.id - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri telah dibuka sejak 14 Februari 2022. Para lulusan sekolah di tingkat SMA/SMK sederajat yang hendak melanjutkan studinya dipersilahkan untuk memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi yang diminati.

Bersamaan dengan pembukaan pendaftaran SNMPTN, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) sebagai kampus Negeri satu-satunya di Karawang resmi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Kusrin, SNMPTN ini diselenggarakan secara langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) yang didasarkan pada prestasi akademik siswa.

"Pendaftaran SNMPTN ini dimulai oleh sekolah-sekolah yang telah melakukan registrasi akun LTMPT. Siswa dapat mendaftar apabila pihak sekolah telah terdaftar di LTMPT. Terdapat beberapa persyaratan bagi sekolah maupun siswa. Syarat bagi sekolah yang mendaftar adalah sekolah yang memiliki NPSN. Sedangkan syarat bagi siswa adalah siswa yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN," jelasnya, Selasa, (15/2).

Kemudian, ia juga mengatakan, Unsika memiliki 9 fakultas dengan total 30 program studi yang menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023. 

"Adapun program yang dibuka, diantaranya 3 program magister, 1 program diploma tiga, dan 26 program sarjana," ungkapnya

Unsika membuka 5 jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN/SPAN-PTKIN dengan kuota 1.176 mahasiswa, sedangkan SBMPTN/UM-PTKIN 1.592 mahasiswa, dan seleksi mandiri sebanyak 1.447 mahasiswa.

"Sementara Untuk syarat-syaratnya, bisa mengunjungi laman https://ltmpt.ac.id dan informasi pembukaan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.unsika.ac.id/," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut