Logo Network
Network

Ngintip Resep Dendeng Daun Mangga Inovasi Siswa SMAN 3 Karawang

Yogi Kurnia
.
Rabu, 28 Februari 2024 | 04:53 WIB
Ngintip Resep Dendeng Daun Mangga Inovasi Siswa SMAN 3 Karawang
Ngintip Resep Dendeng Daun Mangga Inovasi Siswa SMAN 3 Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Yogi Kurnia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ternyata bukan hanya buahnya yang bisa di makan dari pohon mangga daun nya pun bisa di olah menjadi bahan makanan.

seperti yang di lakukan Pembina ekstrakurikuler Student Company SMAN 3 Karawang, Aneu Andiatiningsih mengajak 3 siswanya untuk membuat bahan olahan makanan dari daun mangga.

Berawal dari melihat banyak nya pohon mangga di sekolah, sehingga menciptakan ide bagi Aneu untuk membuat olahan makanan dendeng dari daun mangga tersebut.

"Disini banyak pohon mangga jadi kami berinovasi membuat dendeng dari daun mangga. Baru memproduksi setengah kilogram saja dan pekan lalu baru saja menemukan formula yang tepat tapi belum dapat diproduksi banyak karena siswa sebentar lagi akan UTS," ujarnya, Selasa, 27 Februari 2024.

Kemudian ia juga menjelasakan, untuk proses pembuatannya, dimulai dari memotong daun mangga, lalu di rebus selama 20 menit, Selanjutnya diberikan bumbu yang telah di racik, setelah itu di pipihkan dan di goreng.

"Seperempat kilogram daun mangga bisa menghasilkan 34 bungkus dendeng, kemasan 40 gram. Prosesnya sama seperti pembuatan dendeng, pertama kita rebus dulu selama 20 menit, kedua kita gabungkan dengan bumbu lalu di pipihkan dan kemudian di goreng. Kami menggunakan bumbu yang sama seperti pembuatan dendeng lainnya," paparnya.

Adapun juga kendala-kendala yang ia alami saat proses pembuatan yaitu terletak pada tekstur daun yang keras. Sehingga ia harus terlebih dahulu menghaluskan daun secara berulang kali.

Untuk pemasaran nya sendiri, ia mengatakan bahwa hasil karya para siswa tersebut akan di pasarkan di koperasi sekolah dan koperasi PGRI setelah para siswa selesai mengikuti ujian tengah semester.

"Sementara kita akan jual di koperasi sekolah dulu, saya juga akan masukkan ke koperasi PGRI," ungkapnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini