get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

SMAN 3 Karawang Gelar Pesantren Kilat, Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa

Kamis, 07 April 2022 | 19:20 WIB
header img
Kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti Bulan Ramadhan 1443 H. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - SMAN 3 Karawang menggelar kegiatan penumbuhan budi pekerti di lingkungan pendidikan SMA dengan konsep Pesantren Kilat yang mengangkat tema 'Kokohkan hati dengan iman, Taklukan hati dengan Al Qur'an'. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mesjid Al-Irfan SMAN 3 Karawang. 

Ditemui di lokasi, Guru/Pembina kegiatan, Alfyan Syach mengatakan, sesuai dengan arahan Disdikpora Provinsi, selain menguatkan pendidikan karakter siswa, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan siswa dan mengisi waktu siswa. 

"Ya Alhamdulillah kali ini kegiatan penumbuhan budi pekerti lingkup sekolah kita kemas dengan konsep pesantren kilat, dengan tujuan membentuk karakter siswa, memperluas wawasan, meningkatkan amaliah di bulan Ramadhan dan menerapkan pengamalan beragama Islam dalam kehidupan sehari-hari,"ujarnya, Kamis, (7/4/2022) 

Dalam kegiatannya, Ia mengatakan berlangsung mulai dari tanggal 4 April hingga 22 April 2022. Selain pemberian materi serta membiasakan siswa untuk shalat dhuha, siswa juga diajarkan mengaji yang baik dan benar. 

"Kita awali dengan tadarus pagi, lalu kajian Al-qur'an dengan mendalami tadzwijnya, lalu membiasakan siswa untuk melaksanakan shalat dhuha serta memberikan materi ceramah tentang penumbuhan budi pekerti yang dibalut nuansa islami,"ujarnya.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kami selaku guru serta pembina selama kegiatan ini berlangsung, berharap siswa dapat menerapkan apa yang mereka pelajari di kehidupan sehari-hari, mengingat walaupun kegiatan ini berlangsung sesaat namun ilmunya sangatlah bemanfaat untuk mereka,"imbuhnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Guru Agama SMAN 3 Karawang, Lailatul Munawarah menambahkan, bahwa pada pelaksanaan kegiatan kali ini siswa dibagi menjadi 3. 

"Untuk kelas sepuluh dilaksanakan pada minggu pertama, dilanjut pada minggu kedua oleh kelas sebelas dan di minggu terakhir oleh kelas duabelas. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, jadi kita juga harus mementingkan keselamatan siswa dan melaksanakan protokol kesehatan dengan pembagian jadwal tersebut,"ungkapnya 

Pada kesempatan tersebut, Guru Agama SMAN 3 Karawang/Pembina kegiatan, Tati Hermawati menyampaikan, selain melaksanakan kegiatan tersebut, pada tanggal 19 April s/d 21 April 2022, SMAN 3 Karawang juga akan melaksanakan takzil serta santunan kepada Yayasan pondok pesantren yang berada di wilayah sekitar sekolah. 

"Insyallah, target kita 4 Yayasan yang akan kita gandeng dan akan kita berikan santunan berupa uang tunai beserta obat-obatan seperti vitamin. Kita juga akan melibatkan para siswa dalam pelaksanaannya nanti, guna meningkatkan rasa peduli siswa terhadap orang yang membutuhkan,"pungkasnya

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut