get app
inews
Aa Read Next : Disebut-sebut 2 Pejabat Penyelenggara Negara Punya Aset Kripto Miliaran Rupiah ?

Breaking News: KPK Tetapkan Bupati Labuhanbatu sebagai Tersangka Korupsi

Jum'at, 12 Januari 2024 | 20:01 WIB
header img
KPK menggelar konferensi pers mengumumkan penetapan tersangka Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga (Foto: MPI/Nur Khabibi)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga (EAR) sebagai tersangka.

Selain Bupati Labuhanbatu, KPK juga menetapkan tiga orang lain sebagai tersangka yakni anggota DPRD Rudi Syahputra Ritonga (RSR), kemudian pihak swasta masing-masing Efendi Sahputra (ES) dan Fajar Syahputra (FS).

"Laporan terkait dugaan tindak pidana korupsi ke KPK ditindaklanjuti dengan verifikasi dan pengumpulan bahan keterangan, sehingga naik ke tahap Penyelidikan serta dengan kecukupan alat bukti, berlanjut pada tahap Penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka EAR Bupati Labuhanbatu," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam konferensi pers di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Keempat tersangka terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan KPK di Labuhanbatu, pada Kamis 11 Januari 2024. Mereka kemudian dibawa ke Jakarta dan tiba di Gedung Merah Putih KPK pagi tadi.

Setibanya di Kantor KPK, mereka pun dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah itu, terlihat empat orang turun dari ruangan pemeriksaan dengan mengenakan rompi oranye khas tahanan KPK.

Mereka terlihat digiring menuju ruang konferensi pers sekitar pukul 17.38 WIB untuk diumumkan sebagai tersangka.

KPK mengatakan bahwa para tersangka akan ditahan selama 20 hari terhitung dari 12-31 Januari 2024.

Tangkap Lebih dari 10 orang

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan jumlah orang yang diamankan dalam operasi senyap di Labuhanbatu lebih dari 10 orang.

"Sejauh ini yang diamankan sekitar lebih dari 10 orang," kata Ali saat dikonfirmasi.

Ali tidak merincikan secara detail perihal identitas dari para pihak yang diamankan tersebut. Ia hanya menyebutkan dalam operasi senyap tersebut pihaknya mengamankan Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga.

"Salah satunya Bupati Labuhanbatu (Erik Adtrada Ritonga)," ujarnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut