get app
inews
Aa Read Next : Indeks Pendidikan di Karawang Tak Capai Target, Anggota Komisi IV Minta Bupati Evaluasi Kebijakan

Rotasi Mutasi ASN di Karawang Pakai Sistem Merit, Begini Komentar Pengamat Hukum dan Kebijakan

Minggu, 31 Desember 2023 | 13:17 WIB
header img
Robin, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Hukum dan Kebijakan Publik Pangkal Perjuangan Research (PaPeR) (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Pusat Kajian Hukum dan Kebijakan Publik Pangkal Perjuangan Research (PaPeR) mendukung kebijakan Bupati Karawang, Aep Syaepuloh terkait mutasi dan rotasi pejabat ASN Pemkab Karawang pada Sabtu (30/12) kemarin.

Pasalnya, 75 ASN yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama 2 orang, Pejabat Administrator 32 orang, Pejabat Pengawas 25 orang dan Kepala UPTD Puskesmas 16 orang itu dirotasi dan mutasi melalui sistem merit.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2014, sistem Merit adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa diskriminasi.

Artinya penerapan sistem merit dilakukan berbasis kinerja, di mana rekrutmen dan promosi pegawai dilakukan berdasarkan kemampuan dalam melaksanakan tugas, bukan karena koneksi politik atau kekuasaan.

"Kita bisa melihat dalam rotasi mutasi kali ini, Bupati betul-betul serius menempatkan jabatan ASN yang profesional dan berintegras sesuai kompetensinya melalui penerapan sistem merit," ujar Direktur Eksekutif PaPeR, Bung Robin dalam keterangannya, Minggu, 31 Desember 2023.

Menurutnya, aspek penilaian dalam sistem merit membuka kesempatan kepada setiap ASN mengembangkan karir berdasarkan  kemampuannya masing-masing.

Sehingga para ASN bisa berkompetisi secara sehat dan positif dalam meniti karier, tidak perlu menggunakan "orang dalam", cukup tunjukkan kinerja yang baik, dan hal ini juga dapat membantu Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian dalam melakukan penempatan. "Nah ini kan tentu terobosan yang sangat baik dalam penataan birokrasi ASN di Karawang," jelasnya.

"Jadi tidak ada lagi istilah like and dislike seorang pimpinan ketika menempatkan ASN dalam jabatan tertentu, karena ini pure berdasarkan kompetensinya masing-masing. Selain itu tidak bisa juga ASN bersikap genit kepada pimpinan atau bahkan sikut-sikutan dengan pegawai lainnya demi jabatan tertentu. Semua dibuktikan berbasis kinerja," tegas dia.

Di penghujung tahun 2023, Bupati Karawang Aep Syaepuloh menggelar rotasi, mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Karawang.

Diketahui, dari 75 ASN yang dirotasi terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama 2 orang, Pejabat Administrator 32 orang, Pejabat Pengawas 25 orang dan Kepala UPTD Puskesmas 16 orang. 

Pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator dan jabatan pengawas di lingkungan Pemkab Karawang digelar di Aula Husni Hamid Pemda Karawang pada Sabtu sore, 30 Desember 2023.

Dalam rotasi tersebut, tampak Wawan Setiawan dilantik menjadi Kepala DPMPTSP Karawang. Sebelumnya, Wawan menjabat Kepala Dinas LH Karawang.

Adapun Eka Sanatha, yang semula menjabat Kepala DPMPTSP kini bergeser menjadi Asisten Umum pada Sekretariat Daerah Pemkab Karawang.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menyampaikan selamat kepada 75 pejabat yang telah dilantik. Dia berpesan, rotasi dan mutasi merupakan hal lumrah dan menjadi kewajiban Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan kinerja memajukan Kabupaten Karawang. 

"Saya ingin sampaikan, mutasi rotasi ini hal yang biasa. Jangan memikirkan yang tidak-tidak, fokus pikirkan target dan kinerja," ujarnya.

Ia percaya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Karawang memiliki potensi dan kinerja yang baik. Oleh karenanya Aep berharap, seluruh pejabat bisa betul-betul amanah dan menjalankan tugas demi kebaikan serta kemajuan Kabupaten Karawang. Ini

"Kami menginginkan agar semestinya Karawang betul-betul memiliki lonjakan di tahun 2024. Oleh karenanya saya sampaikan, sumpah jangan hanya sekadar diucapkan, harus benar-benar dijalankan," tegasnya. 

"Dengan berbagai pertimbangan, saya meyakini kami ini memiliki ASN dengan potensi yang sangat luar biasa. Para pegawai kinerjanya hari ini benar-benar ditunggu oleh masyarakat Kabupaten Karawang," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut