get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

BREAKING NEWS : 457 Hektare Lahan Padi di Karawang Terserang Hama Tikus

Selasa, 17 Oktober 2023 | 13:20 WIB
header img
Kabid Perkebunan dan Perlindungan Tanaman pada DPKP Karawang, Dadan Danny (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

Kemudian, Ia juga mengatakan, ada beberapa faktor hama tikus menyerang lahan pertanian. Salah satunya karena faktor habitat.

"Faktornya banyak, seperti Habitat dan lingkungan yang mempengaruhi hama tikus itu beralih mencari makanan ke lahan pertanian. lalu, tingkat ketinggian air di sawah dan mendekati masa panen pun menjadi salah satu faktornya," jelas Dadan.

Dan untuk menanggulangi semakin parahnya dampak serangan hama tikus di Karawang, Pihaknya bersama para petani telah melakukan berbagai upaya. Diantaranya dengan metode Gropyokan dan pemanfaatan Rumah Burung Hantu (Rubuha).

"Kita sudah melakukan upaya, mulai dari gropyokan, kita sudah lakukan. Dan pemanfaatan rubuhan juga sudah kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya puso dari serangan hama tikus tersebut," katanya

Dadan juga mengimbau kepada para petani agar mampu memanfaatkan Rubuha dengan baik. Sebab menurutnya, dengan pemanfaatan Rubuha dapat mengurangi dampak hama tikus.

"Banyak cara menangkal hama tikus, seperti penerapan pola tanam yang baik serta mengontrol ketinggian air di sawah. Dan para petani juga harus mampu manfaatkan rubuhan, buat rubuha. Sebab manfaat rubuha ini besar sekali, karena 1 burung hantu mampu memangsa 5-7 ekor tikus," tandasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut