get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Kadinkes Minta Masyarakat Karawang Antisipasi Penyakit Dampak El Nino Bagi Kesehatan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 15:04 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan, Endang Suryadi, (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Endang Suryadi mengimbau masyarakat Karawang mengantisipasi munculnya penyakit yang dipicu dampak El Nino.

Menurut Endang fenomena El Nino yang terjadi saat ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit, khususnya pada bulan agustus-september ini diperkirakan sebagai puncak Fenomena El Nino.

Untuk itu Endang meminta masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap penyakit yang biasa timbul akibat perubahan cuaca.

"Harus diantisipasi, biasanya penyakit yang timbul akibat perubahan cuaca itu batuk, pilek, faringitis (radang tenggorokan)," sebutnya.

Penyakit-penyakit tersebut, kata Endang melanjutkan, karena hawa yang terlau panas beserta banyaknya debu yang bertebaran.

Untuk itu ia menyarankan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di siang hari demi menghindari penyakit-penyakit tersebut.

"Kalo ga perlu-perlu amat tidak usah keluar di siang hari, kalo memang ada keperluan bisa memakai masker, topi, bahkan kalo perlu pakai payung," ujarnya.

Solusi lain masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat seperti meminum air putih dengan kadar yang cukup, serta banyak memakan buah-buahan agar meningkatkan daya tahan tubuh.

Endang menyebut daerah paling rawan dari fenomena El Nino ini adalah Wilayah Utara Karawang. "Daerah pesisir itu paling rawan ya, didekat-dekat pantai biasanya tingkat panasnya tinggi, karena dekat laut dan tidak banyak pohon," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut