get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Berikut 7 Pemain Naturalisasi yang Bakal Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Jum'at, 12 Mei 2023 | 16:53 WIB
header img
Berikut 7 Pemain Naturalisasi yang Bakal Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dalam artikel ini akan diulas sebanyak 7 pemain naturalisasi yang bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia dipastikan akan mentas di Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar.

Pada Kamis (11/5/2023) kemarin, lebih dulu dilakukan drawing Piala Asia 2023 di Katara Opera House, Doha, Qatar. Hasilnya, Timnas Indonesia (ranking 149) tergabung di Grup D bersama Vietnam (ranking 95), Irak (ranking 67), dan unggulan utama Jepang (ranking 20).

Menariknya, terdapat 7 pemain naturalisasi yang bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Lantas, siapa sajakah mereka?

Berikut 7 Pemain Naturalisasi yang Bakal Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

7. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama menjadi salah satu pemain naturalisasi yang layak membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kiprahnya di level Eropa bersama klub Norwegia yakni Viking FK, menjadi tolok ukur bek kiri 24 tahun itu memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Apalagi sebelumnya, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memastikan bahwa proses perpindahan federasi Shayne Pattynama dari KNVB ke PSSI sudah disetujui FIFA dan rampung. Meski begitu, pemain yang juga bisa berposisi sebagai gelandang itu belum tentu bisa bela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

6. Sandy Walsh

Selanjutnya adalah Sandy Walsh, juga menjadi pemain naturalisasi yang akan perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain KV Mechelen ini dianggap bisa menjaga kedalaman skuad Timnas Indonesia ketika mentas di level Asia nanti.

Pasalnya, bek kanan 28 tahun itu punya segudang bekal mentereng di level Eropa untuk membuat Timnas Indonesia berjaya di Piala Asia 2023. Sehingga, kiprahnya sangat dinantikan oleh pencinta sepakbola Indonesia.

5. Marc Klok

Marc Klok juga merupakan pemain naturalisasi yang bisa perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Gelandang Persib Bandung ini juga sudah jadi andalan Shin Tae-yong sejak SEA Games 2021 silam.

Selain itu, Marc Klok juga turut membantu Timnas Indonesia berjaya di kualifikasi Piala Asia 2023 silam. Chemistry dengan sejumlah pemain Timnas Indonesia, juga membuat Marc Klok cukup bisa berkomunikasi dengan baik dengan kompatriotnya.

4. Stefano Lilipaly

Winger Borneo FC Samarinda, Stefano Lilipaly, kembali mendapat panggilan ke Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023 kontra Burundi. Sehingga, pemain naturalisasi 33 tahun itu tak menutup kemungkinan untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Stefano Lilipaly pun dinilai pantas untuk bergabung dengan skuad Timnas Indonesia. Karena dia kerap menjadi bagian Timnas Indonesia sebelumnya seperti di Kualifikasi Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia, hingga Piala AFF. Selain itu, di Borneo FC, Stefano Lilipaly menjadi pemain yang vital pada gelaran Liga 1 2022-2023.

3. Ivar Jenner

Ivar Jenner juga masuk pemain naturalisasi yang bisa perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain berdarah Belanda-Indonesia ini juga ikut tampil bersama Timnas Indonesia U-20 saat berjumpa Baerum SK.

Di laga itu, Ivar Jenner tampil sejak menit awal. Skill individunya, memukau pencinta sepakbola Tanah Air. Pemain Jong Utrecht itu berani di lapangan dan tak panik, meski mendapat tekanan dari lawan. Sebab demikian, Shin Tae-yong disebut layak membawa Ivar Jenner mentas di Piala Asia 2023 mendatang.

2. Rafael Struick

Sama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick juga menjadi pemain muda yang diperkirakan akan perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick akan segera rampung karena sudah ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Rafael Struick sendiri dicoba dalam beberapa pertandingan uji coba internasional bersama Timnas Indonesia U-20 seperti melawan Slovakia U-20 yang membuat Shin Tae-yong terlihat puas. pelatih asal Korea Selatan itu kemudian merekomendasikan penyerang berpostur 185 cm itu untuk mengikuti proses naturalisasi.

1. Jordi Amat

Untuk posisi pertama dalam daftar 7 pemain naturalisasi yang bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 ditempati oleh bek Johor Darul Takzim (JDT), Jordi Amat. Pesepakbola berdarah Spanyol-Indonesia ini sudah punya jam terbang mumpuni di Eropa, sehingga disebut layak untuk mentas di Piala Asia 2023.

Jordi Amat diketahui hampir merasakan jadi juara Piala Dunia. Dalam hal ini, Piala Dunia yang dimaksud adalah Piala Dunia U-17 saat dirinya membela Timnas Spanyol U-17 pada 2009 silam. Kala itu, Jordi Amat menjadi andalan saat Timnas Spanyol U-17 di bawah asuhan Luis Milla.

Jordi Amat turun di Piala Dunia U-17 2009 yang digelar di Nigeria, sampai bisa tembus semifinal. Apesnya, Timnas Spanyol U-17 gagal melangkah ke final usai takluk 1-3 dari Nigeria di semifinal. Namun, Spanyol sukses menang 1-0

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut