get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Fakta Arus Balik Mudik Lebaran, Mulai dari Prediksi Puncak Arus Balik hingga Diskon Tol

Selasa, 25 April 2023 | 10:05 WIB
header img
Istimewa

JAKARTA, iNewskarawang.id - Kepadatan lalu lintas saat arus balik mudik lebaran 2023 menjadi salah satu momok yang tidak dapat terhindarkan.

Seperti yang dikatakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam arus balik mudik lebaran tahun ini dirinya berharap agar masyarakat bisa membagi waktu kepulangan dari kampung halaman agar tidak berbarengan untuk mengurangi kepadatan.

Tidak hanya itu, Dirinya juga memprediksikan peningkatan jumlah kendaraan pada arus balik terjadi mulai tanggal 24 dan 25 April 2023 atau hari Senin dan Selasa.

Bahkan menurutnya tanggal tersebut bisa berpotensi sebagai puncak pergerakan arus balik.

Berikut fakta yang dirangkum dari MNC Portal, Senin (24/4/2023) tentang arus balik lebaran pemudik yang diimbau kembali pada 26 April.

1. Prediksi Puncak Arus Balik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kepadatan lalu lintas menjadi momok yang tidak dapat terhindarkan pada arus balik mudik Lebaran 2023.

Oleh karena itu dirinya berharap agar masyarakat bisa membagi waktu kepulangan dari kampung halaman agar tidak berbarengan.

Dia memprediksikan peningkatan jumlah kendaraan pada arus balik terjadi mulai tanggal 24 dan 25 April 2023 atau hari Senin dan Selasa.

Bahkan menurutnya tanggal tersebut bisa berpotensi sebagai puncak pergerakan arus balik.

2. Masyarakat Diimbau Pulang Mulai 26 April

Oleh sebab itu masyarakat diimbau agar menetap terlebih dahulu di kampung halaman dan bisa balik ke Jakarta paling tidak tanggal mulai tanggal 26, 27 dan 28 April 2023.

“Di hari Kamis dan Jumat (27 dan 28 April 2023), Jasa Marga berbaik hati akan memberikan diskon tarif tol 20%," ujar Menhub.

3. Diskon untuk Tingkatkan Traffic

Menurutnya, pemberian diskon tatif tol itu efektif untuk mendistribusikan kendaraan pada hari puncak arus mudik yang lalu.

Pemberian diskon 20% dinilai Menhub mampu meningkatkan trafic sekira 12% dibanding kondisi normal.

"Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12%, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal,” lanjut Menhub.

4. Tanggal Diskon di Beberapa Ruas Tol

Sekedar informasi tambahan, jika masyarakat melakukan perjalanan balik mudik pada periode 26,27, dan 28 April maka otomatis mendapatkan diskon beberapa ruas tol.

Seperti ruas tol Jakarta - Cikampek yang pemberlakuan diskon tarif tersebut untuk arus balik akan diberlakukan mulai tanggal 27 April.

Selain itu ruas tol Tangerang - Merak juga akan memberikan diskon tarif sebesar 20% untuk periode arus balik yang mulai berlaku tanggal 27 - 28 April mendatang. Ada pula ruas tol Bakauheni -Terbanggi Besar - Kayu Agung.

5. Tol Japek II Selatan Difungsionalkan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan secara fungsional jalur Japek II Selatan untuk mendukung kelancaran arus balik lebaran 2023.

Direktur Utama PT JJS, Charles Lendra mengatakan pengoperasian Japek II Selatan itu akan mengacu pada diskresi kepolisian. Terutama dalam menimbang volume kendaraan di jalan tol yang apabila padat bisa ditumpahkan ke Japek II Selatan.

"Akan dibuka pada periode arus balik. Semua tergantung kondisi di jalan tol Japek dan sesuai diskresi Kepolisian," ujar Charles saat dihubungi MNC Portal, Jumat (21/4/2023).

Link : https://economy.okezone.com/amp/2023/04/22/320/2802544/5-fakta-arus-balik-lebaran-pemudik-diimbau-kembali-26-april?page=2

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut