get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: PSSI Protes ke AFC karena Tidak Puas atas Kinerja Wasit saat Lawan Qatar U-23

Menyedihkan 81 Juta Pekerja Generasi Milenial Belum Punya Rumah

Kamis, 13 April 2023 | 12:51 WIB
header img
Ada 81 juta pekerja generasi milenial yang belum memiliki hunian atau rumah. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsKarawang.id  - Ada 81 juta pekerja generasi milenial yang belum memiliki hunian atau rumah. Rata-rata rentang usia generasi ini di bawa 40 tahun dengan status yang berbeda. 

Jumlah penduduk milenial Indonesia mencapai 58 persen dari total jumlah penduduk atau sekitar 81 juta orang. Berdasarkan data Kementerian PUPR, jumlah generasi milenial tersebut belum mendapatkan fasilitas rumah.

Kabar ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan hunian bagi milenial Perumnas, Depok, Kamis (13/4/2023). 

"58 persen penduduk Indonesia yang hari ini di bawah 40 tahun dan juga tadi sudah disampaikan 81 juta generasi milenial dengan status yang berbeda, ini data dari Kementerian PUPR belum mendapatkan fasilitas rumah," ungkap Erick. 

Meski begitu, Erick optimis sinergitas perusahaan pelat merah bisa menyediakan hunian bagi anak mudah. Dia memastikan koordinasi dengan Kementerian PUPR terus dilakukan. 

Adapun BUMN yang terlibat dalam proyek hunian bagi milenial diantaranya Perum Perumnas, PT Bank Tabungan Negara Tbk, (BTN), PT PLN (Persero), PT KAI (Persero), hingga BUMN Karya. 

Perumnas sebagai developer yang memimpin inisiatif hunian bagi milenial. Sementara, KAI Group memiliki tanah dan mengoperasikan stasiun KRL, PT Pembangunan Perumahan (PTPP) sebagai kontraktor pelaksana proyek, Bank BTN yang memfasilitasi pembiayaan kredit perumahan, dan Icon+ PLN menyediakan jaringan internet.

Hunian Transit Oriented Development (TOD) ini memberikan one stop solution atas berbagai permasalahan dari backlog hunian, kepemilikan hunian oleh milenial, kemacetan hingga gerak perekonomian masyarakat. 

Hunian Milenial yang diusung Perumnas dengan sinergi antar BUMN ini menghadirkan hunian milenial yang terjangkau, terhubung dengan akses transportasi sehingga memudahkan mobilisasi, dengan konsep hunian yang sesuai gaya hidup milenial, dengan persyaratan dan angsuran KPR yang lebih mudah.

"Dan tentu KAI yang mempunyai lahan seperti kawasan hari ini, di mana ini tidak lain juga promosi Pak Basuki (Menteri PUPR) wakfu peluncuran tahun 2021 Bapak, tadi disampaikan promosinya beli hunian, dapat kereta, wakfu itu," ucap Erick. 

 

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut