get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengenal 3 Pusaka Sakti Wali Songo, Bikin Prajurit Majapahit Kocar-kacir

Rabu, 05 April 2023 | 21:17 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Ist)

BLITAR, iNewskarawang.id - Sejumlah pusaka Wali Songo disebut-sebut menjadi penentu kemenangan dalam peperangan. Pasalnya Kesultanan Demak Bintoro berhasil menaklukan Kerajaan Majapahit yang sebelumnya sebagai penguasa Nusantara. 

Kala itu, Pasukan santri Demak yang dipimpin Ja’far Shadiq atau Sunan Kudus dengan pusaka tersebut berhasil mendesak pasukan Majapahit karena keampuhan pusaka Wali Songo membuat orang-orang Majapahit kocar-kacir. 

Sunan Ngudung yang menggantikan ayahnya, Sunan Kudus sebagai senopati Demak tewas dalam pertempuran melawan Raden Kusen atau Adipati Terung, senopati Majapahit.

Namun, serangan yang dilakukan santri Demak ke wilayah Tuban, Kediri dan sekitarnya, membuat orang-orang Majapahit yang mengungsi ke gunung gunung.

Berikut Pusaka Wali Songo yang dipakai Sunan Kudus:

1. Pusaka Peti dari Palembang 

Sunan Kudus mendapatkan pusaka berbentuk peti itu dari Adipati Palembang Arya Damar. Dia adalah putra Raja Majapahit Prabu Brawijaya yang memeluk Islam.

Meski Arya Damar bukan Wali Songo. Dirinya yang pertama kali menerima Raden Rahmat atau Sunan Ampel saat pertama kali menjejakkan kaki di Nusantara.

Sunan Kudus membawa pusaka berbentuk peti itu ke medan perang antara Demak dan Majapahit. Saat dalam situasi terjepit, dibukanya tutup peti.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut