get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut 5 Manfaat Mengemil Kacang saat Cuaca Dingin, Wajib Coba!

Kamis, 02 Maret 2023 | 07:15 WIB
header img
manfaat kesehatan di balik mengemil kacang, (Foto: NDTV)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Banyak orang menyukai kacang sebagai camilan atau makanan ringan yang sering dikonsumsi pada berbagai kesempatan, seperti sebagai makanan pembuka, kudapan ringan setelah makan, atau camilan saat bersantai dan menonton pertandingan sepak bola misalnya.

Tim peneliti telah mempelajari efek ngemil kacang, berdasarkan sebuah studi penelitian yang diterbitkan di jurnal Clinical Nutrition. Mereka menganalisis efek dari mengonsumsi 28 gram kacang tanah (atau satu ons) per hari selama enam bulan, dibandingkan dengan camilan yang kaya akan karbohidrat seperti keju dan kerupuk.

Hasilnya? Mengemil kacang memang lebih sehat karena meningkatkan pertumbuhan bakteri, yang disebut Ruminococcaceae, yang meningkatkan fungsi hati, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Penasaran apa saja sih mengapa baik untuk mengemil kacang, terutama di cuaca dingin musim hujan seperti saat ini? Melansir NDTV Health Jumat (9/12/2022) intip ulasannya berikut ini.

1.    Menurunkan berat badan

Kok bisa? Karena kacang kaya akan protein dan serat, yang berfungsi untuk bisa bantu menurunkan berat badan. Sebab serat membuat makanan lebih mudah dicerna dan meningkatkan rasa kenyang di perut kita sehingga akhirnya mencegah makan berlebihan.

2.    Baik bagi pengidap diabetes

Peningkatan asupan magnesium sangat disarankan bagi penderita diabetes, dan kacang tanah adalah sumber yang kaya akan magnesium. Magnesium berfungsi membantu metabolisme lemak dan karbohidrat sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan lebih baik. Oleh karena itu, kacang tanah dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang yang menderita diabetes.

3.    Bantu Kesehatan jantung

Meskipun banyak orang menganggap bahwa kacang tanah memiliki kandungan lemak yang tinggi dan harus dihindari, sebenarnya lemak yang terkandung di dalam kacang tanah adalah lemak sehat dan bahkan dapat lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung (jika dikonsumsi dalam jumlah yang aman dan sesuai).

Kacang tanah juga mengandung asam oleat, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut