get app
inews
Aa Read Next : Mengerikan ! Senator Top AS Desak Israel Mengebom Gaza seperti Hiroshima

Putin Tangguhkan Keikutsertaan Rusia dalam Perjanjian Kontrol Senjata Nuklir Terakhir dengan AS

Rabu, 22 Februari 2023 | 21:20 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsKarawang.id - Pada hari Selasa, tanggal 21 Februari 2023, Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia akan menunda keterlibatannya dalam perjanjian START Baru dengan Amerika Serikat (AS) yang bertujuan untuk membatasi senjata nuklir strategis dari kedua belah pihak.

Putin menegaskan bahwa keputusan untuk menangguhkan partisipasi Rusia dalam perjanjian tersebut tidak berarti bahwa Rusia sepenuhnya mundur dari kesepakatan, namun hal tersebut dapat meningkatkan risiko pada pilar kendali senjata yang tersisa antara Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara tersebut memiliki hampir 90% kepemilikan senjata nuklir di dunia, yang sudah cukup untuk menghancurkan bumi berkali-kali.

"Dalam hal ini, saya terpaksa mengumumkan hari ini bahwa Rusia menangguhkan keikutsertaannya dalam perjanjian senjata ofensif strategis," kata Putin kepada anggota parlemen menjelang akhir pidato besar di parlemen, hampir satu tahun setelah perang di Ukraina.

Putin mengatakan perusahaan energi nuklir Rusia Rosatom juga harus memastikan kesiapan negara itu untuk menguji senjata nuklir, jika diperlukan.

“Tentu saja, kami tidak akan menjadi yang pertama melakukan ini. Tapi jika Amerika Serikat mengujinya, maka kami akan melakukannya,” katanya sebagaimana dilansir Reuters. "Tidak seorang pun harus berada di bawah ilusi berbahaya bahwa paritas strategis global dapat dihancurkan."


Pada tahun 2010, Perjanjian START Baru ditandatangani di Praha dan mulai berlaku pada tahun berikutnya. Pada tahun 2021, perjanjian tersebut diperpanjang selama lima tahun setelah Presiden AS Joe Biden menjabat.


Ini membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dapat dikerahkan Amerika Serikat dan Rusia, dan penyebaran rudal dan pembom berbasis darat dan kapal selam untuk mengirimkannya.

Rusia memiliki persediaan senjata nuklir terbesar di dunia, dengan hampir 6.000 hulu ledak, kata para ahli.

Dalam pidatonya, Putin mengatakan, tanpa memberikan bukti, bahwa Barat terlibat langsung dalam serangan Ukraina terhadap pangkalan pesawat pengebom strategis Rusia jauh di dalam wilayah Rusia.

Dia mengatakan tuntutan NATO bahwa Rusia harus mengizinkan inspeksi pangkalan nuklirnya di bawah perjanjian START Baru karena itu tidak masuk akal.

"AS dan NATO secara terbuka mengatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk menimbulkan kekalahan strategis di Rusia. Dan apa - setelah itu, mereka akan berkeliling fasilitas pertahanan kita, termasuk yang terbaru, seolah-olah tidak terjadi apa-apa?" kata Putin.

"Seminggu yang lalu, saya menandatangani keputusan untuk menempatkan sistem strategis berbasis darat baru dalam tugas tempur. Apakah mereka akan ikut campur di sana juga, atau apa? Dan mereka berpikir bahwa semuanya begitu sederhana? Apa yang akan kita biarkan mereka di sana begitu saja?"

Putin mengatakan anggota NATO Prancis dan Inggris juga memiliki senjata nuklir yang diarahkan ke Rusia yang harus diperhitungkan.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut