get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Beserta Waktu Pelaksanaannya

Kamis, 16 Februari 2023 | 08:01 WIB
header img
Ilustrasi tata cara Sholat Taubat Nasuha. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Semua orang Muslim seharusnya telah memahami tata cara Sholat Taubat Nasuha. Alasannya, setiap orang pasti melakukan kesalahan, oleh karena itu Sholat Taubat Nasuha dianggap sebagai salah satu cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam sendiri menganjurkan umatnya untuk melakukan sholat taubat ketika seseorang benar-benar ingin bertaubat.

Seperti yang diambil dari laman Rumaysho pada hari Rabu (29/9/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan bahwa sholat taubat adalah sholat yang direkomendasikan oleh empat madzhab dalam agama Islam.

Hal tersebut sebagaimana hadis Abu Bakr Ash Shiddiq, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

« مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ». ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ) إِلَى آخِرِ الآيَةِ

Artinya: "Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua rakaat kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya." Kemudian beliau membaca ayat ini: "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui." (HR Tirmidzi Nomor 406, Abu Daud Nomor 1521, Ibnu Majah Nomor 1395. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini shahih)

Walaupun ada beberapa ulama yang meragukan keabsahan hadis tersebut, isi dari ayat Ali Imran Ayat 135 sudah cukup memperkuat hukum syariat mengenai pelaksanaan sholat taubat. Sholat taubat dapat dilakukan dengan hanya dua rakaat dan niat yang diucapkan dalam hati, tanpa harus diucapkan dengan kata-kata.

kalimat ini Kapan waktu pelaksanaan Sholat Taubat Nasuha?

Tidak ada waktu yang spesifik untuk melaksanakannya, karena bisa dilakukan kapan saja baik siang maupun malam hari. Bahkan jika dalam waktu yang dianggap terlarang untuk melaksanakan sholat, seseorang tetap diizinkan melaksanakannya.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

وَكَذَلِكَ صَلَاةُ التَّوْبَةِ فَإِذَا أَذْنَبَ فَالتَّوْبَةُ وَاجِبَةٌ عَلَى الْفَوْرِ وَهُوَ مَنْدُوبٌ إلَى أَنْ يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَتُوبَ كَمَا فِي حَدِيثِ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ

Artinya: "Demikian pula sholat taubat (termasuk sholat yang memiliki sebab dan harus segera dilakukan, sehingga boleh dilakukan meskipun waktu terlarang untuk sholat). Jika seseorang berbuat dosa, maka taubatnya itu wajib, yaitu wajib segera dilakukan. Dan disunahkan baginya untuk melaksanakan sholat taubat sebanyak dua rakaat. Lalu ia bertaubat sebagaimana keterangan dalam hadis Abu Bakr Ash Shiddiq."

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan Sholat Taubat Nasuha, yang dijelaskan oleh Ustadz Ammi Nur Baits ST BA dalam Konsultasi Syariah:

1.    Melakukan wudu dengan benar sesuai dengan ajaran sunnah.
2.    Melaksanakan sholat dua rakaat dengan cara yang sama seperti sholat pada umumnya.

3.    Tidak ada bacaan khusus ketika sholat taubat. Anda bisa membaca Al Fatihah kemudian membaca surah apa pun yang dihafal.

4.  Berusaha khusyuk dalam sholat taubat, karena teringat dengan dosa yang baru saja dilakukan.

5. Beristigfar dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala setelah sholat taubat.

6. Tidak ada bacaan istigfar khusus untuk sholat taubat. Bacaan istigfarnya sama dengan bacaan istigfar lainnya, misalnya: "Astaghfirullah wa atuubu ilaih…"

7. Inti dari sholat taubat adalah memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan, dan bertekad tidak mengulanginya.
Wallahu a’lam bishawab.

Artikel ini telah diterbitkan pada (https://muslim.okezone.com/read/2021/09/29/616/2478683/tata-cara-sholat-taubat-nasuha-beserta-waktu-pelaksanaannya?page=2)

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut