get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Bocah Penyandang Disabilitas Pimpin 14.000 Banser Lantunkan Sholawat Asyghil

Kamis, 09 Februari 2023 | 15:08 WIB
header img
Viral Azzam Nur Mu'jizat bocah tanpa mata pimpin sholawat asyghil di acara puncak 1 Abad NU. (Foto: Istimewa/nu.or.id/Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - 14.000 Banser melantunkan sholawat asyghil dipimpin oleh bocah penyandang disabilitas Azzam Nur Mu'jizat (11) yang tidak memiliki mata sejak lahir. 

Momen ini berlangsung dalam acara puncak 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) pada Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyaksikan lantunan sholawat asyghil dari Azzam Nur Mu'jizat itu tampak terharu. Rangkaian acara pun makin khidmat.

Azzam Nur Mu'jizat berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Ia memiliki banyak prestasi meskipun mengalami keterbatasan fisik.

Azzam memiliki kondisi yang berbeda dari anak pada umumnya. Dia terlahir tanpa kelopak mata. Meski begitu, sosoknya dikenal sebagai bocah bersuara emas.

Azzam merupakan salah satu vokalis pilihan NU yang membawakan lantunan sholawat asyghil bersama tiga vokalis cilik lainnya. Diiringi dengan aransemen komponis ternama Indonesia, Addie MS.

Sholihati, ibunda Azzam, tidak menyangka putranya mendapat kesempatan tampil di hadapan ribuan warga Nahdliyin yang memadati arena resepsi dan juga langsung disaksikan Presiden Jokowi.

"Alhamdulillah saya juga enggak menyangka bisa lolos audisi dan maju langsung nanti di depan Pak Jokowi," ujar Sholihati, dikutip dari nu.or.id, Kamis (9/2/2023). 

Awalnya Sholihati mendapat kabar audisi vokalis sholawat asyghil dari kerabat yang aktif di Barisan Ansor Serba Guna (Banser). Meski sempat pesimis lantaran ponsel yang dimiliki berkendala untuk urusan perekaman video, dirinya tetap menawarkan sang buah hati untuk mengikuti audisi vokalis pelantun sholawat tersebut.

"Saya sempat diam selama beberapa hari, terus tanya Azzam, 'Zam, ini ada audisi, mau apa enggak?’ Dia diam saja, berarti mau," ungkapnya. 

"Pulang dari langgar (mushola) jam setengah 10 malam, akhirnya dia mau take video. Ya sudah tenang, enggak pakai latihan. Dia bilangnya gini, 'Ibu, ikut audisi bukan soal menang atau kalah, tapi diniatkan minta ridha sama Allah dan supaya dikasih syafaat baginda Rasulullah'," bebernya.

Hingga akhirnya Azzam Nur Mu'jizat terpilih menjadi pelantun sholawat asyghil di acara puncak 1 Abad NU dan disaksikan langsung Presiden Jokowi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut