get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut 15 Oleh-Oleh Umrah yang Wajib Dibeli, Mulai Makanan hingga Pakaian

Rabu, 08 Februari 2023 | 19:49 WIB
header img
Ilustrasi oleh-oleh umrah yang wajib dibeli di Tanah Suci. (Foto: Dok Okezone/Widi Agustian)

7. Kosmetik
Keunikan kosmetik Arab membuat kaum hawa banyak mengincarnya. Selain untuk memakainya secara pribadi, kosmetik tersebut juga menjadi oleh-oleh saat pulang dari ibadah haji. Kosmetik tersebut berupa parfum, lipstik, pewarna kuku hingga celak untuk mata.

8. Kacang arab
Selanjutnya ada oleh-oleh kacang arab. Jenis kacang arab yang sering menjadi oleh-oleh umrah dan haji adalah chickpea. Kacang ini terasa lembut saat dimakan sehingga banyak orang menjadikannya sebagai camilan saat bersantai.

9. Cokelat batu
Walau namanya cokelat batu, bukan berarti makanan ini bertekstur keras seperti batu. Justru cokelat batu bertekstur lembut dan memiliki rasa manis, hanya saja memang bentuknya menyerupai batu.

Coklat batu bisa menjadi salah satu buah tangan saat kembali dari menjalankan ibadah umrah dan haji di Tanah Suci.

10. Madu kashmir
Madu kashmir merupakan salah satu madu asli asal Pegunungan Himalaya dan populer di Arab. Penduduk asli sering menjadikan madu kashmir sebagai pelengkap bahan makanan atau miniman. Jika bosan dengan oleh-oleh yang itu-itu saja, madu kashmir bisa menjadi pilihan lain.

11. Sajadah 
Sajadah merupakan salah satu perlengkapan yang dipakai umat Islam sebagai alas sholat. Keistimewaan sajadah Arab dan sajadah kebanyakan terletak pada kualitas, corak, serta ketebalannya. Banyak sajadah menjadi incaran oleh-oleh jamaah umrah dan haji asal Indonesia.

12. Kacang pistachio
Kacang pistcahio adalah salah satu jenis kacang yang populer di Arab. Kacang ini memiliki kulit berwarna krem dan dagingnya hijau. Kemudian mempunyai cita rasa yang begitu gurih sehingga cocok disajikan dengan makanan manis.

Kacang pistachio sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, melindungi saraf, dan lain sebagainya.

13. Buah tin
Buah tin adalah salah satu buah yang tertulis dalam kitab suci Alquran. Buah ini memiliki manfaat luar biasa, salah satunya melawan racun dalam tubuh. "Demi (buah) tin dan (buah) zaitun," begitu isi Alquran Surat At-Tin Ayat 1.

Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern' karya Ramadhani dkk disebutkan buah tin bisa meluruhkan batu ginjal, membersihkan saluran kencing, hingga melawan racun.

14. Tasbih
Tasbih adalah alat bantu untuk berdzikir. Tasbih digunakan sebagai alat hitung atau jumlah dzikir yang telah diucapkan. Ada banyak jenis tasbih yang sering ditemui, salah satunya tasbih yang terbuat dari kayu gaharu.

15. Minyak wangi
Seusai melakukan ibadah umrah atau haji di Makkah, minyak wangi Arab mungkin menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli jamaah umrah atau haji. Banyak sekali merek parfum yang dijual di sana, bahkan beberapa di antaranya sering diburu karena memiliki aroma terbaik.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut