get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut 15 Oleh-Oleh Umrah yang Wajib Dibeli, Mulai Makanan hingga Pakaian

Rabu, 08 Februari 2023 | 19:49 WIB
header img
Ilustrasi oleh-oleh umrah yang wajib dibeli di Tanah Suci. (Foto: Dok Okezone/Widi Agustian)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Setiap jamaah yang melakukan ibadah di Tanah Suci ketika pulang ke Tanah Air tidak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan. Berikut 15 oleh-oleh umrah yang wajib dibeli. 

Oleh-oleh umrah atau haji banyak tersedia di Kota Makkah atau Madinah di Arab Saudi. Mulai dari makanan hingga pakaian yang cocok untuk jamaah dari Indonesia.

Berikut ini deretan oleh-oleh umrah yang wajib dibeli para jamaah. Simak selengkapnya, sebagaimana telah Okezone himpun. 

1. Kurma
Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Orang Indonesia sudah akrab dengan buah kurma. Buah ini memiliki rasa manis legit dan sangat dicari terutama saat bulan puasa.

2. Air zamzam
Zamzam adalah air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam. Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kakbah, kedalamannya mencapai 42 meter.

Banyak jamaah yang melakukan ibadah Haji atau Umrah berkunjung ke Sumur Zamzam. Sebagian orang membawa pulang air zamzam sebagai oleh-oleh.

3. Abaya
Abaya merupakan pakaian khas wanita Arab yang kini menjadi sebuah trend fashion Muslimah masa kini. Terlebih lagi abaya memiliki desain manik-manik dan corak yang unik, menambah nilai kecantikannya. Berkat kepopulerannya, abaya bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Tanah Suci.

4. Mukena 
Berbeda dari mukena kebanyakan yang ada di Indonesia. Mukena produksi Arab biasanya lebih lembut dan halus saat menyentuh kulit.

Selain itu, mukena Arab memiliki corak dan pola khusus sehingga membedakannya dari mukena lain. Pastikan saat pulang beribadah dari Tanah Suci membawa mukena sebagai oleh-oleh.

5. Kismis 
Kismis Arab memiliki ciri lebih kuning dan bentuk lebih kecil serta kisut dari kismis biasa. Penduduk asli di sana biasa menggunakan kismis sebagai campuran makanan.

Meski begitu, kismis tetap enak jika dimakan secara langsung. Apabila sempat, belilah kismis sebagai buah tangan dari Tanah Suci. 

6. Kacang almond
Kacang almond dapat tumbuh subur di tanah wilayah Timur Tengah. Rasanya yang enak membuatnya banyak diincar jamaah umrah dan haji untuk dibawa sebagai oleh-oleh saat kembali ke Indonesia. Ada dua jenis kacang almond yaitu yang belum dikupas dan sudah dikupas.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut