Logo Network
Network

Pesut Ditemukan Warga Terdampar di Pantai Pakisjaya Karawang

boby
.
Rabu, 01 Februari 2023 | 23:43 WIB
Pesut Ditemukan Warga Terdampar di Pantai Pakisjaya Karawang
pesut terdampar

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Seorang warga Mancung (60) menemukan Seekor mamalia mirip Pesut Mahakam dalam keadaan mati terdampar di bibir Pantai Pakisjaya, Karawang.

Pesut yang mati itu memiliki panjang sekira satu meter dan berat 10 kilogram. Videonya beredar di media sosial. 

"Seorang warga, Mancung (60) melihat seekor pesut mendorong anaknya ke pinggir laut pada Selasa (31/1/2023) sekitar pukul 15.00 WIB,"ujar Kapolsek Pakisjaya Ipda Sunaryo.melalui sambungan telepon, Selasa (31/1/2023)

Sunaryo mengatakan, ketika sampai di bibir pantai, lalu Mancung mengambil pesut tersebut. Menurutnya ternyata sudah mati."Jadi bukan terdampar. Tapi sama induknya didorong ke pinggir laut. Tapi saat ini sudah dikubur oleh warga," tuturnya. 

Sementara salah seorang Peneliti Pesut Mahakam Ivan Yusfi Noor mengungkapkan, mamalia tersebut sejenis lumba lumba Irrawaddy atau Orcaella brevirostris, yang hidup di pesisir atau laut. Dalam bahasa Indonesia disebut pesut atau lebih tepat pesut pesisir. Pesut termasuk hewan dilindungi.

Ivan menambahkan,  spesies yang sama ada yang hidup diperairan tawar Sungai Mahakam. "Kita sebut Pesut Mahakam," imbuhnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.