BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan, Dua Bibit Siklon Terpantau

Kiswondari/Erwin
.
Selasa, 31 Januari 2023 | 10:17 WIB
Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews Karawang.id – Pada hari ini,Selasa (31/1/2023) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia.

BMKG menyebut munculnya dua bibit siklon tropis 94S dan 95S, serta sirkulasi siklonik akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah tersebut.

“Dari hasil analisis dinamika atmosfer bibit siklon tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia, Barat Daya Lampung dan bibit siklon tropis 95S terpantau berada di Samudra Hindia Selatan Jawa,” kata Prakirawan BMKG Ria Rosanti di akun media sosial (medsos) Info BMKG, yang dikutip MNC Portal.

“Sistem ini terpantau membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera hingga Samudra Hindia Selatan Jawa, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” sambungnya.

Ria menjelaskan, sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan Barat yang membentuk daerah konvergensi memanjang di perairan pulau Kalimantan bagian utara, daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Pesisir Barat Sumatera Barat hingga Bengkulu, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur, serta daerah pertemuan angin atau konfluensi di Samudra Hindia Barat Daya Bengkulu.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” ujarnya.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.