get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan, Dua Bibit Siklon Terpantau

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:17 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone)

Kemudian, sambung Ria, liabilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Kepulauan Riau Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

“Peningkatan Kecepatan angin permukaan yang lebih dari 25 knot terpantau memanjang di Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna dan di Samudra Hindia Selatan Bengkulu, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut di wilayah perairan tersebut,” terangnya.

Adapun prakiraan cuaca di 34 ibu kota provinsi di Indonesia, dia menguraikan, potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Bandar Lampung dan Pangkalpinang, untuk wilayah Palembang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, untuk wilayah Bengkulu, Jambi dan Padang esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, dan untuk wilayah Banda Aceh esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

“Sementara itu untuk wilayah Medan, Pekanbaru dan Tanjung Pinang esok hari diperkirakan hujan dengan intensitasnya,” paparnya.

Di Jawa, Prakirawan BMKG menjelaskan, secara umum kondisi cuaca diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Untuk wilayah Jakarta diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, juga perlu diwaspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Bandung dan Yogyakarta.

Untuk wilayah Denpasar, Mataram dan Kupang, kata Ria, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

Kemudian wilayah Kalimantan, menurut Ria, secara umum diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Untuk wilayah Pontianak esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang. Serta perlu diwaspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Samarinda.

Sementara di wilayah Sulawesi, potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Palu, Manado dan Kendari. Dan untuk wilayah Gorontalo Makassar dan Mamuju esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Sementara wilayah timur Indonesia, seperti Jayapura diperkirakan berawan, untuk wilayah Ternate diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, dan potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Manokwari dan di Ambon.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut