get app
inews
Aa Read Next : Dengan Cara Unik Seorang Ayah Potong Rambut Anaknya Pakai Sendok, Kok Bisa?

Diduga Ketapel Raksasa Raja Namrud untuk Melempar Nabi Ibrahim ke Kobaran Api, Viral di Media Sosial

Senin, 23 Januari 2023 | 19:01 WIB
header img
Dua tiang diduga ketapel raksasa Raja Namrud untuk melempar Nabi Ibrahim ke kobaran api. (TikTok @thaha.yasin)

Dalam kisah yang masyhur disebutkan bahwa Namrud memerintahkan rakyatnya mengumpulkan kayu bakar dalam jumlah sangat banyak. Kemudian membuat kobaran api yang sangat besar. Lalu, Nabi Ibrahim dilempar ke api tersebut. Beberapa hari kemudian, api mulai padam, dan Nabi Ibrahim masih hidup. Allah menyelamatkannya.

Baru-baru ini video penampakan ketapel raksasa yang diduga digunakan Raja Namrud untuk melempar Nabi Ibrahim ke kobaran api sempat viral setelah diunggah oleh akun @thaha.yasin. dalam video itu memperlihatkan sebuah bangunan di atas bukit yang diyakini sebagai tempat pemberian dihukumnya Nabi Ibrahim.

Kekejaman Namrud semakin terlihat kala puncak bukit tersebut dibangun benteng, agar posisi tiang semakin tinggi.

Tempat pembakaran Nabi Ibrahim sendiri berada di depan istana, yang berada di bawah bukit, sekitar 700 meter dari ketapel raksasa yang disebut manjanik.

Ketinggian dan jarak lempar yang sangat jauh tersebut tentu akan sangat berbahaya bagi manusia. Apalagi menurut riwayat, ukuran tubuh manusia di zaman itu sama dengan ukuran tubuh manusia sekarang.

Hal itu dibuktikan dengan jejak tapak kaki Nabi Ibrahim di sebuah batu, saat merestorasi Kakbah.

Untuk memastikan proses pembakaran berhasil, bala tentara raja Namrud mengumpulkan kayu-kayu besar dengan panjang 80 dzira’ dan lebar 40 dzira’. Bahkan, pengumpulan kayu bakar itu memakan waktu hingga satu bulan.

Dengan ukuran kayu bakar yang besar, api berkobar tanpa henti selama 7 hari. Saking panasnya, jika burung terbang di atas api akan langsung mati tersambar hawa panas.

Namun, atas kuasa Allah SWT. api tersebut menjadi dingin sehingga tidak melukai Nabi Ibrahim saat dilempar ke pembakaran.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut