Logo Network
Network

5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Praditya Ananda/Elsa Tiara Novanti
.
Sabtu, 21 Januari 2023 | 17:52 WIB
5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi susu kedelai. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Kebanyakan masyarakat saat ini senang mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai biasanya dinikmati langsung atau dicampurkan dengan minuman kopi dan sebagainya.

Mengapa kebanyakan orang mengonsumsi susu kedelai dibanding dengan susu sapi? Hal ini lantaran susu kedelai memiliki kalori yang lebih rendah serta protein tinggi sekaligus sumber kalsium dan kalium yang sangat baik dikonsumsi. Susu kedelai seringkali dikenal sebagai susu sehat yang cocok dikonsumsi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa.

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai, selain lezat tentunya susu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang.

Dilansir dari NDTV, Sabtu (21/1/2023), berikut manfaat singkat yang terkandung pada susu kedelai.

1. Menyehatkan Kulit

Susu kedelai membantu mengurangi hiperpigmentasi, membantu memperbaharui sel kulit mati dan melembapkan kulit. Beberapa penelitian mendapati mengonsumsi susu kedelai bisa bantu mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit, contohnya noda bintik hitam dan perubahan warna kulit.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein dan serat yang tinggi pada susu kedelai jadi minuman yang ideal untuk menurunkan berat badan. Ini memiliki efek yang cukup besar pada BMI (body mass index) dan dikenal membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi susu kedelai, disebutkan bisa bantu bukan hanya menurunkan kelebihan BB tapi juga menjaga massa otot tubuh tetap di tempatnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Seperti susu pada umumnya, susu kedelai juga hadir sebagai sumber kalsium yang sangat baik, makanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian menujukkan, konsumsi susu kedelai secara teratur bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada wanita saat menopause dini.

4. Membantu Pertumbuhan Rambut

Sarat dengan kandungan protein, ini bisa merangsang pertumbuhan rambut dan sekaligus menyehatkannya.

5. Baik untuk Jantung

Sebab, susu kedelai punya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, sehingga membantu mendukung kesehatan sistem kardiovaskular. Adanya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda ini membantu meningkatkan kadar lipid plasma dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini