get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

6 Deretan Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Kamis, 12 Januari 2023 | 19:42 WIB
header img
Ilustrasi daun kemangi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat daun kemangi bagi kesehatan kulit dan rambut. Tahukah Anda mengenai daun kemangi? Daun kemangi atau kerapkali disebut dengan basil biasanya dijadikan sebagai tambahan masakan, dimasukkan kedalam air cuci tangan dan hal lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan serta membantu memberikan aroma di kulit untuk menghilangkan bau tak sedap dari bekas makanan.

Well, tak hanya sebagai daun cuci tangan, daun kemangi yang memiliki sifat antimikroba ternyata juga bermanfaat untuk kulit dan rambut. Melansir Stylecraze, Kamis (12/1/2023) berikut paparan lima manfata daun kemangi untuk kulit dan rambut.

1. Cegah jerawat: Mengingat daun kemangi bisa membantu bikin darah jadi lebih murni, lebih bersih dengan membuang racun karena mengandung adgen antibakteri dan antijamur. Sebagai pencegahan jerawat, bisa mengoleskan pasta yang terbuat dari daun kemangi yang dicampur dengan pasta cendana atau air mawar) di wajah.

Biarkan selama sekitar 20 menit, setelah itu cuci muka dengan air dingin. Daun kemangi untuk jewarat bisa dilakukan lewat minuman teh daun kemangi untuk membantu mengobati jerawat, menghilangkan komedo, bekas jerawat dan bekasnya.

2. Redakan infeksi kulit: Kemangi juga memiliki sifat antibiotik, yang berperan dalam mengobati infeksi. Daunnya membatasi pertumbuhan bakteri seperti B. anthracis dan E. coli yang menyebabkan infeksi kulit.

3. Mengobati vitiligo dan eksim: Asupan daun kemangi secara teratur dapat memperbaiki gejala vitiligo serta eksim. Menurut suatu penelitian, hal ini karena ada aktivitas dari kandungan senyawa antioksidan di dalam kemangi.

Namun, tetap disarankan berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum menggunakan kemangi untuk tujuan ini karena konsentrasi ramuan itu penting.

4. Cegah kerontokan rambut: Daun kemangi jenis tulsi digunakan sebagai obat yang efektif untuk rambut rontok. Ramuan herbal daun kemangi disebut bekerja dengan memperkuat akar rambut, sehingga mencegah rambut rontok.

Salah satu caranya, bisa dengan menambakan sedikit minyak kemangi ke minyak rambut lalu pijat secara menyeluruh ke kulit kepala, agar meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketombe dan rasa gatal di kulit kepala yang menyertainya.

5. Bantu usir ketombe: Tulsi terbukti efektif dalam mengendalikan empat jenis strain jamur yang bisa jadi penyebab ketombe. Selain itu menawarkan manfaat lain, yakni melembutkan rambut dan kilau rambut serta mengurangi rambut kusut.

6. Cegah timbulnya uban: Pasta bubuk daun ruku-ruku atau holy basil kering bersama bubuk amla yang direndam dalam air semalaman. Lalu air saringannya dipakai untuk mencuci rambut, disebut bisa jadi obat ini membantu mencegah rambut beruban prematur dan mengobati rambut rontok.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut