get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Deretan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan Tubuh

Jum'at, 13 Januari 2023 | 17:09 WIB
header img
Ilustrasi daun kemangi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai daun kemangi bagi kesehatan tubuh. Pernahkah Anda mengonsumsi daun kemangi? Daun kemangi biasanya dijadikan sebagai lalapan ala sunda ataupun diolah didalam suatu masakan.

Kemangi atau dengan nama latin Ocimum basilicum seringkali dijadikan bahan makanan Mediterania yang khususnya pada masakan-masakan Thailand, Italia, Vietnam dan juga negara tercinta kita Indonesia.

Jenis kemangi lainnya adalah tulsi, atau kemangi suci (Ocimum santum), yang banyak dipakai sebagai herbal atau obat-obatan alami di Asia Tenggara. Ini berbeda dengan kemangi manis. Kemangi sebagai tanaman, hadir dengan kandungan zat gizi makro, seperti kalsium dan vitamin K, serta berbagai antioksidan. Maka dari itu, selain menambah rasa, daun kemangi punya beberapa manfaat untuk kesehatan.

Simak ulasan manfaat kesehatan daun kemangi yang perlu diketahui, seperti dilansir dari NDTV dan Medical News Today yang sudah ditinjau secara medis oleh Natalie Olsen, R.D, Senin (9/1/2023).

1. Mengurangi stres oksidatif:

Manfaat yang diberikan karena kehadiran antioksidan, yang berperan penting untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Antioksidan inilah senyawa yang membantu menghilangkan molekul-molekul efek negatif dari radikal bebas di tubuh.

Jika malah menumpuk, stres oksidatif dapat terjadi, mengakibatkan kerusakan sel dan bisa berkembang juga jadi penyakit.

2. Bantu kesehatan liver:

Studi penelitian tahun 2015 yang dilakukan terhadap hewan tikus, menyebutkan kalau antioksidan dalam sediaan bubuk yang mengandung tulsi, atau holy basil berdampak positif pada kesehatan organ hati.

3. Bantu lawan kanker:

Dari studi yang dipublikasikan tahun 2013 tentang kemangi jenis tulsi dan holy basil bisa bantu mencegah kanker seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Para penulis studi menyimpulkan bahwa fitokimia dalam kemangi lah yang berperan untuk membantu melawan kanker,dengan meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

Tapi, sebagai catatan, karena penelitian dalam ulasan ini bersifat praklinis atau dilakukan pada hewan, tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Anti-inflamasi:

Ya daun satu ini punya sifat anti-inflamasinya, yang bisa dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Dalam daun kemangi ada eugenol, citronellol dan linalool yang membantu menurunkan peradangan melalui sifat penghambat enzimnya.

Sifat anti-inflamasi kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, artritis reumatoid, dan kondisi radang usus. Konsumsi kemangi juga bisa meredakan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk, flu.

5. Baik untuk pencernaan:

Disebutkan dalam buku 'Healing Foods', kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi juga membentengi sistem pencernaan dan saraf dan bisa menjadi obat yang baik untuk sakit kepala dan insomnia.

Eugenol yang terkandung dalam daun kemangi memastikan ada anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat loh!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut