Logo Network
Network

Simak Keutamaan Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan

Tim Okezone/net Okezone
.
Rabu, 11 Januari 2023 | 15:07 WIB
Simak Keutamaan Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan
Keutamaan Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai doa sebelum dan sesudah adzan. Para kaum muslimin dianjurkan untuk mengamalkan doa ini. Saat adzan berkumandang merupakan waktu yang tepat untuk memanjantkan doa serta dapat meraih pahala besar dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Adzan yang berkumandang adalah sebuah panggilan bagi kaum muslimin yang beriman agar segera menunaikan ibadah sholat. Mengamalkan doa sesudah dan sebelum adzan memiliki keutamaan yang sangat besar.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam ayat Alquran:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang salih dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS Fushshilat: 33)

Nah, berikut ini doa sebelum dan sesudah adzan, sebagaimana telah Okezone himpun:

Doa Sebelum Adzan

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ.

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala haulawala kuuwata illabillahiladhim, allahummasholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim.

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah. Ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah."

Doa Setelah Adzan

Dikutip dari laman Rumaysho, setelah adzan dikumandangkan maka setiap Muslim yang mendengarnya dapat mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam "Allahumma sholli ‘ala Muhammad" atau membaca salawat Ibrahimiyyah seperti yang dibaca saat tasyahud.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini