Logo Network
Network

Dear Girls, Begini 12 Tips Melancarkan Haid yang Wajib Diketahui

Destriana Indria Pamungkas/Net_Okezone
.
Rabu, 11 Januari 2023 | 15:04 WIB
Dear Girls, Begini 12 Tips Melancarkan Haid yang Wajib Diketahui
12 Tips Melancarkan Haid yang Wajib Diketahui. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Para wanita, pernahkah Anda mengalami haid yang tidak lancar? Hal ini seringkali membuat cemas. Haid yang tidak lancar dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Masa menstruasi pada setiap wanita memiliki waktu yang berbeda-beda, biasanya wanita akan mengalami menstruasi setiap 21 hingga 35 hari sekali. Menstruasi dapat dikatakan tidak teratur apabila periode yang berlangsung berubah-ubah, dapat lebih lambat maupun lebih cepat.

Berikut 12 tips melancarkan haid atau menstruasi yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk simak! 

Menjaga berat badan

Memiliki berat badan ideal akan memperlancar haid anda, oleh sebab itu usahakan berat badan anda tidak terlalu naik drastis maupun turun drastis. Biasakan untuk makan sehat dan berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan anda.

Mengonsumsi vitamin D

Selain dikenal sebagai pembantu penyerapan kalsium dalam tubuh, vitamin D juga dapat membantu memperlancar ovulasi dalam Rahim sehingga memperlancar haid. Untuk mendapatkan sinar matahari, anda dapat berjemur selama 15 menit setipa hari atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D. Seperti salmon, tuna, dan produk susu.

Istirahat yang cukup

Pikiran yang stress dan fisik yang kelelahan dapat menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar. Maka dari itu, cobalah untuk beristirahat yang cukup dan hentikan kebiasaan tidur terlalu larut. Hal ini akan membantu pikirna menjadi lebih rileks dan mejaga hormon pengatur menstruasi.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini