get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Usai Ditahan Thailand 1-1, Ini Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Jum'at, 30 Desember 2022 | 11:18 WIB
header img
Timnas Indonesia tertahan 1-1 kontra Thailand di Piala AFF 2022 (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pada saat ini, Garuda -- julukan Timnas Indonesia -- masih tertahan di urutan kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tampil percaya diri mengklaim tiga poin penuh. Sebuah kemenangan di laga ini hampir pasti membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022, tampil di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (29/12/2022) sore WIB, 

Skuad asuhan Shin Tae-yong sejak awal, mendominasi pertandingan dan mendapatkan beberapa peluang emas di babak pertama. Namun demikian, tidak ada gol yang tercipta hingga jeda turun minum.

Gol yang ditunggu tercipta pada menit ke-50 oleh eksekusi penalti Marc Klok. Namun sayang, Sarach Yooyen menyeimbangkan skor pada menit ke-79 untuk Thailand.

Hasil imbang 1-1 pun menutup laga di SUGBK dan Timnas Indonesia masih tertahan di belakang Thailand karena kalah selisih gol. Namun, peluang lolos masih terbuka luas.

Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi tujuh poin sejauh ini. Thailand lebih unggul dengan selisih gol +9 sedangkan Indonesia +8.

Di pertandingan terakhir, Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga tandang ke Stadion Rizal Memorial. Laga itu akan dimainkan pada Senin 2 Januari 2023 dengan kick-off pada pukul 19.30 WIB.

Sebagai catatan, hasil imbang antara Indonesia dan Thailand adalah mimpi buruk bagi Filipina. Sebab, dengan demikian Filipina telah dipastikan gugur untuk perburuan tiket lolos ke semifinal.

Dengan motivasi Filipina yang buruk, Timnas Indonesia pun diharapkan bisa meraih hasil maksimal. Sebuah kemenangan dipastikan akan meloloskan Garuda ke semifinal. Jika dengan margin besar, atau Thailand sedang sial kontra Kamboja, maka Indonesia bisa menjadi juara grup.

Di sisi lain, Kamboja masih bisa lolos. Namun sekalipun menang atas Thailand nantinya, mereka tidak akan bisa melangkahi perolehan poin Indonesia jika Garuda menang atas Filipina.

Sebuah hasil imbang pun tetap menjamin kelolosan untuk Timnas Indonesia. Itu juga terlepas dari apa pun yang terjadi di laga Thailand vs Kamboja. Karena torehan poin delapan untuk Indonesia akan menggaransi peringkat kedua di klasemen akhir Grup A Piala AFF 2022.

Bahkan, kalah sekalipun Indonesia masih bisa lolos. Namun, dengan catatan Thailand menang atas Kamboja. Atau, Kamboja menang atas Thailand dengan margin lebih dari dua gol.

Jikalau laga Thailand vs Kamboja berakhir imbang selagi Indonesia kalah, Garuda masih bisa lolos sebagai runner-up karena akan unggul selisih gol dari Kamboja. Namun, dengan syarat Indonesia tidak kalah dengan margin lebih dari tiga gol kontra Filipina.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut