Logo Network
Network

Aliran Uang Korupsi Mantan Bos LPDB-KUMKM Ditelusuri KPK

Arie Dwi Satrio , Okezone
.
Senin, 26 Desember 2022 | 16:46 WIB
Aliran Uang Korupsi Mantan Bos LPDB-KUMKM Ditelusuri KPK
Ali Fikri (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Aliran uang dugaan korupsi yang diterima mantan Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), Kemas Danial (KD) tengah ditelusuri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK). Aliran uang itu ditelusuri lewat seorang saksi yang merupakan Wiraswasta, Endang Suhendar.

Kabag Pemberitaan KPKAli Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (26/12/2022) mengungkapkan, Wiraswasta (Endang Suhendar) saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran uang yang diterima tersangka KD.

Ali menambahkan, pihaknya juga telah mengantongi keterangan saksi dari mantan Pengawas Koperasi Utama di Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM, Suparno. Salah satu yang didalami KPK dari keterangan Suparno yakni, terkait pengawasan Kemenkop atas penggunaan dana bergulir oleh LPDB-KUMKM.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan pengawasan yang dilakukan Kementerian Koperasi atas penggunaan dana bergulir oleh lembaga pengelola dana bergulir koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah yang saat itu di kelola oleh tersangka KD," pungkasnya.

Sekadar informasi, KPK telah menetapkan mantan Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), Kemas Danial (KD) sebagai tersangka. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya.

Adapun, tiga tersangka lainnya tersebut yakni, Ketua Pengawas Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti Jabar, Dodi Kurniadi (DK); Sekretaris II Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti Jabar, Deden Wahyudi (DW); serta Direktur Pancamulti Niagapratama, Stevanus Kusnadi (SK).

Kemas Danial bersama tiga tersangka lainnya diduga telah bersepakat jahat terkait pencairan hingga penyaluran fiktif dana bergulir koperasi dan UMKM. Akibat perbuatan para tersangka, negara mengalami kerugian sekira Rp116,8 miliar.

Dalam perkara ini, Kemas Danial diduga telah menerima uang sejumlah sekira Rp13,8 miliar dan fasilitas kios usaha ayam goreng di Mall BTP dari Stevanus. Sedangkan Dodi dan Deden, diduga juga turut menikmati dan mendapatkan fasilitas antara lain berupa mobil dan rumah dari Kopanti Jabar.

Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.