get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Negara Umumkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa 12 Maret

Jika Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022, Sejumlah Negara Iri! Siapa Saja ?

Minggu, 25 Desember 2022 | 16:54 WIB
header img
Aksi Marselino Ferdinan di laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022. (Foto: Aldi Chandra/MNC Portal Indonesia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Timnas Indonesia merupakan kandidat kuat juara Piala AFF 2022, meski tampil kurang meyakinkan saat menang 2-1 atas Kamboja, tetap ada keyakinan skuad Garuda berjaya di Piala AFF 2022. 

Hal ini seperti Argentina di Piala Dunia 2022, tampil mengecewakan di laga perdana kemudian keluar sebagai juara.

Jika Timnas Indonesia menjadi juara, ada sejumlah negara yang bakal iri, mengingat ini merupakan gelar pertama skuad Garuda di Piala AFF. Lantas, negara mana saja yang dimaksud?

Berikut 5 negara yang iri jika Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022:

1. Malaysia

Malaysia berpotensi menjadi negara yang paling iri jika Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022. Sebab, kedua negara ini mempunyai rivalitas yang sangat tinggi.

Jika Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022, skuad Garuda bakal menyamai koleksi trofi Piala AFF milik Malaysia. Karena itu, Malaysia mesti mencegah Timnas Indonesia agar hal di atas tidak kesampaian.

Timnas Indonesia dan Malaysia berpotensi bertemu di semifinal Piala AFF 2022. Sekarang harapannya Timnas Indonesia bisa menampilkan terbaik demi memenangkan trofi Piala AFF 2022.

2. Thailand

Thailand merupakan tim pembunuh Timnas Indonesia. Terbukti dari enam kesempatan tampil di final Piala AFF. empat di antaranya Timnas Indonesia tumbang dari skuad Gajah Perang –julukan Thailand.

Timnas Indonesia bisa membalaskan dendam di atas dengan mengalahkan Thailand di fase grup Piala AFF 2022, kebetulan kedua tim saling bentrok. Peluang Timnas Indonesia mengalahkan Thailand sangat besar, mengingat laga digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

3. Vietnam

Vietnam dua kali menjadi kampiun Piala AFF, yakni pada 2008 dan 2018. Vietnam berpeluang meraih trofi ketiganya tahun ini, mengingat dua rival mereka yakni Thailand dan Malaysia tidak turun dengan skuad terbaik.

Akan tetapi, Vietnam bakal diadangTimnas Indonesia yang secara materi pemain lebih kuat ketimbang saat lolos ke final Piala AFF 2020. Jadi, akankah Vietnam dipermalukan Timnas Indonesia di partai puncak Piala AFF 2022?

4. Singapura

Singapura merupakan tim peringkat dua tersukses di Piala AFF dengan empat gelar juara. Timnas Indonesia pernah merasakan kehebatan Singapura, yakni tumbang di tangan The Lions –julukan Singapura– pada final Piala AFF 2004.

Namun, setelah juara Piala AFF 2012, kualitas sepakbola Singapura cenderung menurun. Sejak saat itu, level Singapura tertinggal dari Timnas Indonesia.

5. Filipina

Filipina saat ini menempati peringkat tiga di Asia Tenggara, jika ukurannya ranking FIFA. Namun, The Azkals –julukan Filipina– justru belum pernah keluar sebagai juara Piala AFF.

Pencapaian terbaik Filipina adalah menembus semifinal Piala AFF 2010, 2014 dan 2018. Jika Timnas Indonesia menjadi juara, Filipina menjadi satu-satunya tim kuat di Asia Tenggara yang belum pernah juara Piala AFF.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut