get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Kulit, Salah Satunya Pepaya

Selasa, 29 November 2022 | 17:29 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kebanyakan orang ingin memiliki kulit yang putih dan bersih. Berbagai macam cara dilakukan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Tak hanya dengan perawatan yang berbiaya mahal saja, perawatan wajah juga dapat menggunakan bahan alami yang membuat kulit putih alami.

Menurut Dermatologis Lisa Stirling, proses memutihkan atau mencerahkan kulit itu berkaitan dengan mengurangi atau mengendalikan jumlah melanin di kulit Anda.

"Warna kulit yang tidak merata, yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak cerah, merupakan konsekuensi dari hiperpigmentasi yaitu munculnya bercak-bercak hitam pada kulit," kata Stirling di laman eMediHealth, dikutip MNC Portal Senin (1/11/2021).

Ia melanjutkan, area kulit yang gelap bisa juga disebabkan oleh bintik-bintik penuaan atau melasma. Orang-orang menggunakan teknik pencerah kulit untuk memudarkan masalah tersebut.

Nah, di bawah ini ada 9 bahan alami yang mudah ditemukan untuk membantu mencerahkan atau memutihkan kulit Anda dengan hasil yang bisa dilihat secara langsung. Penasaran?

1. Yogurt

Menggunakan yogurt sebagai obat rumah untuk peremajaan kulit bukan hal baru di dunia kecantikan. Mengaplikasikan sejumlah yogurt di kulit langsung dipercaya dapat membantu mendapatkan kulit yang lembut dan bercahaya.

"Yogurt kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit. Asam laktat pada yogurt bertindak sebagai zat pemutih alami," kata dr Stirling.

Untuk racikan yogurt yang bisa Anda coba, laman tersebut merekomendasikan untuk mencampurkan yogurt dengan tepung gram. Bagaimana resepnya:

- Campurkan tepung gram dan yogurt, aduk merata.

- Oleskan campuran itu ke kulit Anda.

- Biarkan mengering selama 30 menit.

- Pijat kulit Anda dan bersihkan dengan air.

2. Pepaya

Nutrisi yang terkandung di dalam pepaya banyak dimanfaatkan untuk produk kosmetik. Kandungan baik tersebut memberikan efek cerah pada kulit. Ini yang kemudian bertindak sebagai agen pemutih alami kulit Anda.

Cara membuat ramuan pepaya:

- Potong dan haluskan pisang dan pepaya bersama-sama.

- Tambahkan madu ke campuran yang sudah di haluskan.

- Aduk rata dan oleskan ke kulit.

- Biarkan selama 15-20 menit.

Bilas pasta dengan air hangat dan keringkan kulit dengan handuk bersih.

3. Jeruk

Buah yang satu ini juga sudah dikenal luas akan manfaat mencerahkan kulitnya. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi jeruk segar setiap hari, Anda dapat merevitalisasi kulit dari dalam dan ini yang membuat kulit terasa lembut dan halus.

Bagaimana resepnya?

- Oleskan jus jeruk pada kulit Anda untuk mendapatkan warna kulit yang rata.

- Menambahkan jus jeruk pada menu sehari-hari juga direkomendasikan untuk mengekstrak manfaatnya.

4.Madu

Bintik-bintik gelap di kulit bisa disebabkan oleh kekeringan. Nah, madu dapat menghidrasi kulit yang kering tersebut sehingga warna kulit terlihat lebih rata.

Madu sebagai agen antibakteri juga dapat mencegah perkembangan jerawat dan membantu memudarkan bekas jerawat dan tanda penuaan.

"Royal jelly dapat digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi. Satu studi menemukan bahwa royal jelly yang larut dalam air yang diperoleh di Korea Selatan adalah kandidat potensial untuk mengobati hiperpigmentasi kulit," terang dr Stirling.

Cara penggunaan madu:

Oleskan madu langsung ke bintik hitam di kulit.

5. Lemon

Fungsi lemon pada kulit tidak jauh berbeda dengan jeruk. Kandungan asam sitratnya yang tinggi memaksimalkan pemutihan kulit. Sementara vitamin C mempromosikan proliferasi sel-sel kulit baru.

Lemon juga dipercaya kaya akan antioksidan. Ini membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Cara penggunaan:

- Peras lemon, lalu larutkan dengan air dan oleskan ke kulit.

- Biarkan selama 10 menit.

- Bilas kulit dengan air hangat.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Bahan Alami Paling Ampuh Memutihkan Kulit, Nyata Terlihat Hasilnya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut