Yuk Konsumsi 4 Makanan ini Jika Ingin Diet di Usia 40an

Yusuf Emar
.
Kamis, 24 November 2022 | 12:20 WIB
Tips diet untuk usia 40 tahunan, salah satunya protein. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Semakin lama usia akan semakin bertambah dan metabolisme tubuh mungkin mulai melambat serta mulai kehilangan masa otot. Kadar hormon pun mulai berfluktuasi.

Hal tersebut dapat mengakibatkan kamu menjadi lebih rentan terhadap kenaikan berat badan, perubahan suasana hati, serta masalah kesehatan yang mungkin tidak kamu alami ketika masih muda.

Namun, ada aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak, mengatur energi, hingga mencegah kamu terkena dari berbagai macam penyakit.

Khususnya untuk para wanita yang berusia 40-an, ada cara ampuh untuk menurunkan berat badan, dengan pola makan dan gaya hidup sehat, yakni dengan mengikuti pola makan yang berkelanjutan.

Diet berkelanjutan adalah diet yang cukup nutrisi dan tidak memerlukan pembatasan ketat serta tidak realistis. Diet berkelanjutan mirip dengan diet seimbang.

Perlu diketahui, seiring bertambah usia, tubuh kamu mungkin akan mengalami kesulitan menyerap nutrisi seperti dulu. Karena itu, kamu harus banyak mengkonsumsi nutrisi yang diperlukan.

Ada tiga nutrisi yang kamu perlu tambahkan pada diet kamu serta sejumlah makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

1. Protein

Protein memiliki fungsi sebagai fondasi tubuh. Karena itu, asupan protein sangat penting bila kamu ingin menajaga masa otot. Protein pun bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena mendorong rasa kenyang. Untuk mendapatkan sumber protein, bisa dari telur, daging tanpa lemak, susu, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin dan mineral bisa membuat tubuh tidak berfungsi dengan baik. Karena itu, makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kerang, ikan, biji-bijian dan telur, bisa membuat vitamin dan mineral tubuh kamu tercukupi.

3. Lemak Sehat

Tubuh sangat memerlukan lemak tak jenuh ganda agar berfungsi dengan baik. Karena, lemak sehat bisa menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas dan diabetes. Selain itu, asupan lemak sehat yang cukup juga penting untuk penyerapan vitamin yang lebih baik oleh tubuh. Lemak sehat terdapat pada ikan berlemak, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak kacang.

4. Serat

Rasa kenyang kamu bisa bertahan lebih lama berkat serat. Selain itu, serat juga mendukung pencernaan yang baik. Kamu bisa mendapatkan asupan serat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan lainnya.

Selain protein, cara kamu menyiapkan makanan juga berdampak besar pada jumlah kalori dan lemak. Cobalah untung memanggang makanan sebagai alternatif dari menggoreng dengan banyak minyak dan mentega.

Kemudian, kamu juga akan kehilangan lebih banyak berat badan, apabila mengonsumsi sebagian besar kalori harian saat makan siang, memastikan untuk menikmati sarapan yang mengenyangkan, dan makan malam yang ringan serta rendah kalori.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Tips Diet Terbaik untuk Wanita di Usia 40-an, Konsumsi 4 Makanan Ini!

Editor : Boby
Bagikan Artikel Ini