Logo Network
Network

Simak Keutamaan Surat Ar Ra’d, Salah Satunya Meminta Kesembuhan dari Penyakit

Tim Okezone
.
Selasa, 22 November 2022 | 16:08 WIB
Simak Keutamaan Surat Ar Ra’d, Salah Satunya Meminta Kesembuhan dari Penyakit
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai keutamaan surat Ar Rad. Semua surat dalam Al-Quran tentu memiliki keutamannya masing-masing. Ar Rad memiliki arti guruh dan berada diurutan ke-13 didalam Al-Quran dengan berisi 43 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyyah.

Dinamakan Ar-Rad, karena di dalamnya terdapat firman Allah yang berbunyi, “Dan guruh itu bertasbih memuji-Nya”, yang menunjukkan sifat kesucian dan kesempurnaan Allah. Sebagaimana Al-Quran yang menjadi kabar gembira dan ancaman, guruh juga dapat menimbulkan harapan dan ketakutan.

Adapun isi kandungan terpenting dalam Surat Ar-Ra’d adalah bahwa bimbingan Allah kepada makhluk-Nya itu berhubungan erat dengan hukum sebab-akibat (kausalitas). Tidak ada pilih dalam pandangan Allah, siapa pun akan memperoleh balasan sesuai dengan perbuatan. Imbalan dan hukuman adalah akibat dari ketaatan dan keingkaran terhadap hukum Allah.

Adapun keutamaan dan khasiat Surat Ar-Ra’d adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah, sebagai pengganti kitab Injil.

Kedua, Surat Ar-Ra’d memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah untuk wasilah agar terselamatkan dari petir, kelak masuk surga tanpa hisab dan dapat menolong orang yang dikenalnya.

Apabila berada di luar rumah, sedangkan ketika itu keadaan sedang hujan deras disertai petir menyambar-nyambar, maka bacalah Surat Ar-Ra’d ayat 13, Insya Allah dapat selamat dari terkena sambaran petir. Adapun bacaan ayatnya yaitu:   

وَيُسَبِّحُ ٱلرَّعْدُ بِحَمْدِهِۦ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِۦ وَيُرْسِلُ ٱلصَّوَٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ وَهُمْ يُجَٰدِلُونَ فِى ٱللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ ٱلْمِحَالِ.

“Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya.” (QS. Ar-Ra’d: 13)

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini