get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jangan Lupa Bersyukur Bestie! Berikut 7 Manfaatnya Bagi Kehidupan

Senin, 21 November 2022 | 16:30 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Kita semua sudah seharusnya merasa bersyukur setiap harinya. Jika Anda ingin merasa lebih bahagia, cobalah menulis kalimat-kalimat di buku harian mengenai rasa syukur yang telah dirasakan di hidupmu. Selain iu, meluangkan waktu sejenak dengan bermeditasi atau berdoa juga salah satu cara bersyukur.

Dikutip dari psychologytoday, berikut ini 7 manfaat bersyukur yang terbukti secara ilmiah.

1. Membuka pintu pertemanan

Mengucapkan "terima kasih" tidak hanya merupakan perilaku yang baik, tetapi dapat membantu Anda membuat pertemanan yang baru.

Menurut sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Emotion, studi tersebut menemukan bahwa berterima kasih kepada kenalan baru membuat mereka senang dan cenderung melanjutkan pertemanan tersebut. Mengucapkan terima kasih kepada teman yang telah membantu anda adalah pengakuan kontribusi orang lain kepada Anda.

2. Meningkatkan kesehatan fisik

Orang yang bersyukur mengalami lebih sedikit rasa sakit dan nyeri serta merasa lebih sehat daripada orang lain, menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences.

Tidak mengherankan, orang yang bersyukur juga lebih cenderung menjaga kesehatannya. Mereka lebih sering berolahraga dan melakukan pemeriksaan rutin, yang kemungkinan besar berkontribusi pada umur panjang,

3. Meningkatkan kesehatan psikologis

Rasa syukur mengurangi racun, dari iri hati, dan kebencian hingga frustrasi dan penyesalan. Robert Emmons, seorang peneliti terkemuka, telah melakukan banyak penelitian tentang hubungan antara rasa syukur dan kesejahteraan. Penelitiannya menegaskan bahwa rasa syukur secara efektif meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi depresi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut