Logo Network
Network

Simak Keutamaan dan Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap

Melati Septyana Pratiwi/Net_Okezone
.
Jum'at, 18 November 2022 | 12:13 WIB
Simak Keutamaan dan Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap
Simak Keutamaan dan Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap. (Foto: okezone)

Keutamaan Membaca Takbiratul Ihram

Melantunkan takbiratul ihram memiliki keutamaan tersendiri. Terlebih lagi jika membaca takbir tersebut bersama imam yang memimpin ibadah sholat berjamaah.

Keutamaan ini tertuang dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الأُولَى كُتِبَ لَهُ بَرَاءَتَانِ: بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ، وَبَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ

Artinya: "Barangsiapa sholat berjamaah selama empat puluh hari dengan mendapatkan takbir pertama (takbiratul ihram) ikhlas karena Allah, akan dicatat baginya terbebas dari dua hal, yaitu terbebas dari api neraka dan terbebas dari sifat munafik." (HR Tirmidzi nomor 241, dinilai hasan oleh Syekh Al Albani)

Dikutip dari muslim.or.id, penjelasan hadits ini kemudian dijabarkan oleh Ath-Thibi sebagai berikut:

"Di dunia, dia terbebas dari beramal sebagaimana amal yang dilakukan oleh orang-orang munafik, dan diberi taufik agar beramal sebagaimana amal yang dilakukan oleh orang-orang yang ikhlas. Di akhirat, dia terbebas dari azab yang diberikan kepada orang-orang munafik, atau dipersaksikan bahwa dia bukanlah termasuk ke dalam golongan orang-orang munafik.

Karena sesungguhnya, jika orang-orang munafik itu mendirikan sholat, mereka akan mendirikan sholat dengan rasa malas. Sedangkan kondisi orang-orang tersebut (yang membersamai imam ketika takbiratul ihram, red) berbeda dengan kondisi orang-orang munafik." (Syarh Ath-Thibi, 3: 74)

Begitulah bacaan takbiratul ihram yang dalam sholat. Selain wajib dilantunkan, membacanya bersama imam pun dapat meraih keutamaan yang luar biasa besar.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Bacaan Takbiratul Ihram dan Keutamaannya Lengkap dengan Artinya

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.