get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Persoalan Sampah Tuai Polemik di Luar Angkasa, Apa Solusinya?

Kamis, 17 November 2022 | 11:07 WIB
header img
Truk sampah luar angkasa sedang dikembangkan untuk bersihkan satelit (Foto: ClearSpace)

Dilansir dari ExtremeTech, Rabu (16/11/2022), salah satu perusahaan, Astroscale, mengambil satu halaman dari buku kustodian Bumi. Prototipe perusahaan saat ini punya armada yang disebut Astroscale-Japan (ADRAS-J), yang mengidentifikasi sampah luar angkasa di LEO melalui LIDAR.

Data pengamatan yang diperoleh ADRAS-J selama misi penyelidikan tahap pertama akan membantu Astroscale menentukan puing. Jika Astroscale memenangkan kontrak, pesawat ruang angkasanya akan menggunakan lengan robot besar untuk mengambil sampah dari orbit.

Sementara perusahaan lainnya, ClearSpace mengambil sedikit pendekatan yang berbeda. Alih-alih menggunakan satu lengan untuk mengambil puing-puing dari jarak jauh, truk sampah galaksi ClearSpace akan menggunakan banyak lengan untuk "memeluk" satelit yang sudah pensiun.

Seperti Astroscale, ClearSpace juga berencana meluncurkan layanan yang akan menangkap dan memperbaiki satelit yang rusak tanpa harus meninggalkan orbit. Biasanya operasi ini dilakukan oleh astronot, tetapi misi ini membutuhkan banyak sumber daya.

Rencananya Astroscale dan ClearSpace akan mendemonstrasikan teknologi mereka hingga Oktober 2023. Solusi kedua perusahaan harus secara opsional bersifat otonom jika mereka ingin menyelesaikan krisis sampah antariksa yang terus berkembang, yang menurut UKSA saat ini berjumlah lebih dari 130 juta.

Setelah fase demonstrasi berakhir, UKSA akan memberikan kontrak kepada satu perusahaan untuk melakukan misi pembersihan puing ruang angkasa nasional pertama badan tersebut pada tahun 2026.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut