Simak 4 Tips Membersihkan Pori-pori Wajah Agar Tak Jerawatan

Kiki Oktaliani , MNC Portal
.
Kamis, 10 November 2022 | 19:05 WIB
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Wajah memiliki pori-pori yang besar maupun kecil. Pori-pori memiliki fungsi sebagai pembawa minyak ke permukaan kulit yang membantu melindungi dan melembabkan kulit.

Namun, terkadang sebum, sel kulit mati, dan zat lain terperangkap di dalam pori-pori. Nah, pori-pori yang tersumbat inilah yang bisa menyebabkan jerawat, terutama jika meradang.

Maka dari itu, pori-pori kulit wajah ini harus dibersihkan agar tak tersumbat oleh berbagai kotoran, minyak, dan tumpukan sel kulit mati. Bagaimana cara membersihkannya sendiri di rumah? Intip ulasannya berikut ini, sebagaimana diwarta Medicalnewstoday, Rabu (9/11/2022).

1. Pakai produk non comedogenic: Ini artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Produk yang dimaksud bisa produk makeup, perawatan kulit, dan sunscreen. Baca labelnya, dan pilih yang menurut labelnya non komedogenik atau bebas minyak.

2. Jangan menggaruk bagian komedo: Sangat menggoda memang menggaruk bagian ini. Tapi kebiasaan tak baik ini bisa memperburuk kondisi kulit dengan menyebabkan kerusakan pada kulit.

3. Dibersihkan dengan lembut: Pilih pembersih lembut dengan pH seimbang. Cuci wajah sampai bersih, sebanyak dua kali sehari dengan air hangat. Ini cara yang tak menyebabkan iritasi untuk menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel mati dari kulit wajah. Mengingat, menggosok terlalu kuat bisa bikin kulit kemerahan dan menarik perhatian ke pori-pori yang tersumbat.

4. Eksfoliasi kulit: Rutinitas ini bisa membantu mengurangi tekstur pori-pori yang tersumbat dan, dalam beberapa kasus bahkan bisa membantu membuka blokirnya, alias penyumbatannya.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 4 Tips Membersihkan Pori-Pori, Biar Enggak Jerawatan Bestie!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini