get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Pria Wajib Tahu ini! Begini 9 Tips Perawatan Wajah Tanpa Efek Samping

Selasa, 08 November 2022 | 12:41 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas tips perawatan wajah tanpa efek samping bagi pria. Perawatan wajah bukan hanya dilakukan oleh wanita saja, namun pria juga harus melakukan perawatan wajah agar kulit sehat terawat, tidak berjerawat dan tidak kusam.

Masalah kulit wajah tentu dapat mengganggu penampilan. Karena itu, terapkan perawatan wajah pria yang tepat. Kini sudah banyak produk skincare pria yang dijual di pasaran. Namun hati-hati, perawatan kulit wajah pria yang tak sesuai justru dapat menimbulkan masalah kulit.

Cara merawat wajah pria dan wanita memang berbeda. Selain itu, pori-pori wajah pria lebih besar dari wanita, sehingga risiko memiliki kulit yang berjerawat bisa lebih besar. Berikut perawatan wajah untuk pria, seperti dilansir dari KlikDokter.

Ketahui Jenis Kulit Wajah

Sebelum memilih produk perawatan kulit, ketahui jenis kulit terlebih dahulu. Menurut American Academy of Dermatology, ada lima jenis kulit, yaitu kulit normal, kering, sensitif, berminyak, dan kombinasi. Dengan memahami jenis kulit, cara merawat kulit wajah pria pun akan lebih gampang, terutama dalam pemilihan produk yang tepat.

Bersihkan Wajah

Aktivitas di luar ruangan dapat membuat kulit wajah pria mudah kotor. Untuk itu, salah satu perawatan wajah pria yang paling penting adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash. Membersihkan wajah dari kotoran menjadi salah satu cara merawat wajah pria agar tidak kusam dan mencegah timbulnya jerawat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

- Cuci wajah minimal 2 kali sehari atau maksimal 4 kali sehari untuk wajah berminyak

- Pilihlah produk facial wash yang sesuai dengan jenis kulit

- Bersihkan wajah menggunakan air suhu ruang (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas)

- Usapkan facial wash dengan gerakan melingkar

- Hindari menggosok wajah terlalu keras dengan handuk saat mengeringkan wajah. Cukup keringkan dengan menepuk-nepuk sisa air di wajah

Gunakan Toner

Tidak hanya wanita yang membutuhkan toner wajah, pria juga memerlukannya. Toner digunakan setelah mencuci muka untuk mengembalikan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran di wajah. Bagi pemilik kulit kering, gunakan hydrating toner agar dapat membantu melembapkan. Untuk kulit berminyak, gunakan toner yang oil-free untuk membantu mengangkat minyak berlebih di wajah.

Eksfoliasi

Perawatan wajah pria berikutnya adalah exfoliation, bisa di rumah ataupun klinik kecantikan. Eksfoliasi dengan scrub atau bahan kimia (chemical peeling) bisa menjadi cara merawat wajah pria agar tidak kusam karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan eksfoliasi, kulit juga dapat menyerap produk skincare lebih baik sehingga hasilnya lebih maksimal.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut