get app
inews
Aa Read Next : Cegah Lonjakan Covid-19 saat Libur Nataru ! Ini Saran Epidemiolog

Waduh! Pria Ini Hobi Nyemil Semen, Apa Komentar Pakar ?

Rabu, 27 September 2023 | 12:13 WIB
header img
Hobi Nyemil Semen. (Foto: Money control)

Sulawesi Selatan - iNewsKarawang.id
Pria asal Sulawesi Selatan bernama Haris Daeng Ngalle ini mempunyai hobi aneh, terbiasa memakan semen sebanyak empat gelas dalam sehari. 

Pria tersebut mengaku sehari-harinya menjadi kuli panggul.

Dia menceritakan, pada 2021  untuk pertama kalinya mengkonsumsi semen. Bahkan hingga saat ini dia mengaku tubuhnya tetap baik-baik saja tanpa menunjukkan gejala yang aneh. Ia mengaku tetap sehat meski suka nyemil semen.

Tanggapan dari ahli Epidemiolog, dr Dicky Budiman terkait hal itu menjelaskan, kebiasaan makan makanan tidak layak konsumsi itu disebut dengan Pica. Semen itu bahan pembuat bangunan rumah, bukan makanan.

“Kejadian Pica ini memang jarang, tapi ditandai dengan konsumsi terus menerus pada makanan yang tidak bergizi atau memang yang bukan sumber makanan dalam durasi yang setidaknya satu bulan, itu dapat dikategorikan Pica,” kata dr Dicky kepada MNC Portal.

Tidak hanya itu, dr Dicky juga menjelaskan kalau kejadian ini tidak hanya menganggu masalah kesehatan, tetapi juga akan menimbulkan dampak serius pada kesehatan fisik maupun mental.

Kandungan yang tidak ada untuk memenuhi kesehatan tubuh akan berdampak serius untuk penderitanya, sehingga tidak hanya gangguan pencernaan, gangguan kesehatan lainnya pun dapat kemungkinan timbul.

“Ketika dia sudah merasa ada keluhan dengan nyeri dan sebagainya, itu sudah terlambat. Apalagi semen mengandung zat kimia yang dapat sangat toxic dan berbahaya, sangat beracun untuk tubuh,” pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut