Bagi Parpol yang Belum Penuhi Syarat Verifikasi Faktual, KPU Masih Buka Kesempatan

Felldy Utama/ Net
.
Minggu, 06 November 2022 | 11:57 WIB
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. ( Foto : Dok MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - KPU tetap memberikan kesempatan kepada partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang belum memenuhi syarat dalam tahapan verifikasi faktual.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari menyatakan hal itu pada Sabtu 5 November 2022.

Hasyim mengatakan lebih lanjut,  KPU akan mengumumkan hasil verifikasi faktual terhadap sembilan partai politik calon peserta Pemilu 2024. Pengumuman tersebut akan disampaikan pada tanggal 8 November 2022 mendatang.

"InsyaAllah nanti sekitar tanggal 8 November 2022 ini akan melakukan rapat pleno untuk membuat kesimpulan hasil verifikasi faktual di tingkat Kabupaten/Kota itu, lalu masing-masing partai itu statusnya bagaimana," kata Hasyim.

Dalam rapat pleno tersebut, kata dia, kesimpulan yang akan diputuskan ada dua, yakni memenuhi syarat (MS) dan belum memenuhi syarat (BMS). Jika ditemukan masih ada parpol yang belum memenuhi syarat dalam verifikasi faktual tahap pertama, KPU masih membuka kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap parpol tersebut.

"Perbaikan nanti di daerah mana, beberapa jumlah anggota yang harus diperbaiki ya, dikasih kesempatan untuk perbaikan yang dilakukan oleh DPP Partai Politik dengan cara menginput lagi data yang diperbaiki itu," ujarnya.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini